PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS X 8 SMA NEGERI 1 SAMARINDA

Iriani , Saidah (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS X 8 SMA NEGERI 1 SAMARINDA. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2942Kb)

    Abstract

    Saidah Iriani. S 840907014. Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) pada Siswa Kelas X 8 SMA Negeri 1 Samarinda. Tesis Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta 2009. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran apresiasi puisi dengan metode Peta Pikiran (Mind Mapping) pada siswa kelas X 8 SMA Negeri 1 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus model Elliot, terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas X 8 SMA Negeri 1 Samarinda. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, analisis dokumen, pemberian tugas, tes dan angket. Alat pengumpul data digunakan butir soal tes, lembar observasi, pedoman wawancara, hasil pekerjaan siswa, dan hasil tes apresiasi puisi setiap siklus. Sedangkan validasi data yang digunakan adalah teknik triangulasi yang didasarkan pada proses tindakan dengan metode peta pikiran (Mind Mapping). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode peta pikiran (mind mapping) mampu meningkatkan proses pembelajaran mengapresiasi puisi pada siswa kelas X 8 SMA Negeri 1 Samarinda. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretes dan postes yang dilakukan selama tiga siklus. Ada peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (70,00), yakni dari 17 dari 40 siswa (42,50%) pada pratindakan menjadi 20 siswa (50,00%). Lalu pada Siklus II, didapati sebanyak 26 siswa (65,00%) yang mendapatkan nilai sama atau diatas KKM, atau mengalami peningkatan 6 siswa (15,00%) dari Siklus I. Kemudian pada Siklus III, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas batas KKM yakni sebanyak 34 siswa (85,00%), mengalami peningkatan sejumlah 8 siswa (20,00%) dari Siklus II. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa pembelajaran apresiasi puisi dengan metode peta pikiran (mind mapping) mampu mengubah paradigma guru tentang metode pembelajaran. Guru mulai kreatif melakukan inovasi pembelajaran. Guru tidak hanya berorientasi pada pembelajaran dengan metode ceramah semata. Siswa terlatih untuk berpikir secara kritis mengemukakan ide atau gagasannya melalui kata-kata kunci yang dituliskan pada peta pikiran.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 25 Jul 2013 12:23
    Last Modified: 25 Jul 2013 12:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9115

    Actions (login required)

    View Item