PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME MELALUI METODE DISKUSI-RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA PADA MATERI KALOR SMA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Utomo, Sri Gurendo (2011) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME MELALUI METODE DISKUSI-RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA PADA MATERI KALOR SMA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3670Kb)

    Abstract

    Sri Gurendo Utomo. PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME MELALUI METODE DISKUSI-RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA PADA MATERI KALOR SMA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan pendekatan konstruktivisme melalui metode diskusi–resitasi berkelompok dan diskusi–resitasi individu terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi kalor, (2) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara tingkat motivasi belajar Fisika siswa kategori tinggi dan katagori rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi kalor, (3) Ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivisme melalui metode diskusi–resitasi berkelompok dan diskusi–resitasi individu dengan tingkat motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif fisika siswa pada materi kalor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo kelas X semester genap Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah sepuluh kelas, dari kelas X-1 sampai dengan kelas X-10. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling, sehingga didapat dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas X-1 yang terdiri dari 36 siswa dan kelas X-2 yang terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik angket, dan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan isi sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda metode Scheffe dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini, hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Tidak ada perbedaan pengaruh antara penggunaan pendekatan konstruktivisme melalui metode diskusi–resitasi secara berkelompok dan melaluai metode diskusi–resitasi secara individual terhadapkemampuan kognitif Fisika yang dimiliki siswa pada materi Kalor ( F 1,02 F 3,994 a 0,05; 1 ; 63    ). (2) Ada perbedaan pengaruh antara motivasi belajar Fisika siswa kategori tinggi dan motivasi belajar Fisika katagori rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Kalor ( 5.09 3,994 0 05 1 63    B , ; ; F F ). Sedangkan dari hasil uji lanjut ANAVA dengan komparasi ganda metode Scheffe diperoleh hasil bahwa 1 2 X  X ( 5.2571 3,994 12 0.05;1;63 F   F  B ). Maka dapat dilihat bahwa tingkat motivasi belajar Fisika siswa katagori tinggi memberikan pengaruh yang lebih baik bila dibandingkan dengan tingkat motivasi belajar Fisika siswa katagori rendah terhadap prestasi belajar Fisika siswa, (3) Tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivisme melalui metode diskusi–resitasi dan motivasi belajar Fisika yang dimiliki siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Kalor ( 2,058 3,994 0 05 1 63    ab , ; ; F F ). Kata kunci: konstruktivisme, metode diskusi-resitasi, motivasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 25 Jul 2013 12:22
    Last Modified: 25 Jul 2013 12:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9114

    Actions (login required)

    View Item