EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

NOVIANA AGUS, RIA (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1405Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah siswa yang diberi pembelajaran matematika melalui pendekatan RME dengan pemecahan masalah lebih baik prestasi belajarnya dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan RME pada materi pokok segi empat, (2) Untuk mengetahui efektivitas gaya belajar siswa kelas VII SMP terhadap prestasi belajar matematika, (3) Untuk mengetahui apakah pada masing-masing dengan gaya belajar, pendekatan RME dengan pemecahan masalah akan menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan RME. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified cluster random sampling. Populasinya siswa kelas VII SMP Semester II tahun pelajaran 2009/2010 yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok ekperimen I dan eksperimen II.Penelitian ini termasuk eksperimental semu. Hasil dari uji pendahuluan diketahui bahwa sampel dari kedua kelompok penelitian berdistibusi normal, variansinya homogen dan dalam keadaan seimbang sebelum diberi perlakuan. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji prasyarat adalah sampel-sampel berdistribusi normal dan sampel-sampel pendekatan pembelajaran maupun sampel-sampel dari 3 kategori gaya belajar mempunyai variansi homogen. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan segi empat melalui pendekatan RME dengan pemecahan masalah lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan RME, (2) siswa pada gaya belajar visual, auditorial maupun kinestetik mempunyai prestasi belajar yang sama, (3.a) siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial mempunyai prestasi yang sama pada pembelajaran melalui pendekatan RME dengan pemecahan masalah maupun pendekatan RME, sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik mempunyai prestasi yang lebih baik pada pendekatan pembelajaran RME dengan pemecahan masalah daripada pendekatan RME, (3.b) pada pembelajaran melalui pendekatan RME dengan pemecahan masalah maupun dengan pendekatan RME, siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik mempunyai prestasi belajar matematika yang sama.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: rangga darmajati
    Date Deposited: 25 Jul 2013 07:56
    Last Modified: 25 Jul 2013 07:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9089

    Actions (login required)

    View Item