FUNGSI SOSIAL KELUARGA TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN AGAMA ANAK ( Deskriptif Tentang Pendidikan Agama Anak Berdasarkan Fungsi Sosial Orang Tua Studi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Bamjarsari, Kota Surakarta )

PRAMITA, INDIRA (2011) FUNGSI SOSIAL KELUARGA TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN AGAMA ANAK ( Deskriptif Tentang Pendidikan Agama Anak Berdasarkan Fungsi Sosial Orang Tua Studi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Bamjarsari, Kota Surakarta ). Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (490Kb)

    Abstract

    Indira Pramita, D0304045, FUNGSI SOSIAL KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ANAK (Deskriptif tentang Religiusitas Anak Berdasarkan Fungsi Sosial Orang Tua Studi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta), Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agama mengandung manfaat yang sangat besar dalam kehidupan manusia yang menganutnya, walaupun masih banyak didapati orang-orang yang tidak mepedulikan kehidupannya. Mereka cenderung melakukan hal-hal yang menyenangkan dirinya tanpa memikirkan orang lain walau perbuatannya itu merugikan orang lain. Keluarga sebagai institusi sosial terkecil merupakan fondasi untuk membangun kehidupan sosial/bermasyarakat secara luas menjadi lebih baik. Keluarga juga merupakan tempat pertama dan utama bagi anak untuk mengenal nilai-nilai yang berlaku dalam lingkungannya. Peran penting keluarga dalam memberikan pemahaman keagamaan tentu sangatlah besar bagi sang anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fungsi sosial keluarga terutama orang tua dalam meningkatkan pemahaman keagamaan dalam realitas kehidupan seharihari kepada anak di wilayah Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model analisis interaktif. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Dari masing-masing teknik tersebut secara berurutan didapatkan sasaran penelitian, anak-anak usia 7-15 tahun di wilayah Kelurahan Sumber, orang tua dari anakanak tersebut, dan pihak lain yang terkait dengan peningkatan religiusitas anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dandokumentasi. Proses validitas data dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada dasarnya keluarga mempunyai peran yang sangat penting dalam peningkatan religiusitas anak. Keluarga (orang tua) juga sangat efektif didalam memberikan contoh perilaku tentang pemahamaan keagamaan seperti dengan mengajarkan sholat atau mengikutsertakan anak dalam kegiatan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) misalnya. Selain itu, ada faktor eksternal maupun internal yang menjadikan kendala orang tua dalam memberikan pemahaman keagamaa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 25 Jul 2013 04:17
    Last Modified: 25 Jul 2013 04:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9045

    Actions (login required)

    View Item