ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN WAJIB PAJAK TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN KARANGANYAR DAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2010

K, Ayu Agustin Qory (2011) ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN WAJIB PAJAK TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN KARANGANYAR DAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (393Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan yang diperoleh masyarakat atas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang diberikan oleh Kantor SAMSAT Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen Tahun 2010. (2) Mengetahui perbedaan kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor SAMSAT Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen Tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat sebagai wajib pajak di Kantor SAMSAT. Pengambilan sampel dengan tekinik Accidental sampling, dengan jumlah sampel 100 responden yang terdiri dari 50 wajib pajak SAMSAT Karanganyar dan 50 wajib pajak SAMSAT Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis IPA dan uji ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Besar tingkat kesesuaian antara harapan dan kinerja wajib pajak Kantor SAMSAT Kabupaten Karanganyar adalah 80,61%. Untuk tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan wajib pajak Kantor SAMSAT Kabupaten Sragen adalah 86,19%. Angka tersebut menunjukkan tingkat kesesuaian dari dua Kabupaten masih berada di bawah 100%, artinya kinerja petugas dinilai masih belum sesuai dengan harapan masyarakat. (2) Berdasarkan hasil uji Anova tiap variabel menunjukkan bahwa dari variabel reliability 7,459>3,938, variabel responsiviness 19,926>3,938, dan variabel empaty 6,507>3,938. Angka tersebut menunjukkan bahwa nilai Fhitung>Ftabel yang artinya terdapat perbedaan kualitas pelayanan dari ketiga variabel tersebut. Sedangkan hasil uji F dari variabel assurance 2,474<3,938 dan variabel tangible 0,016<3,938. Angka tersebut menunjukkan bahwa nilai Fhitung<Ftabel, artinya tidak terdapat perbedaan kualitas pelayanan dari kedua SAMSAT.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 25 Jul 2013 03:41
    Last Modified: 25 Jul 2013 03:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9027

    Actions (login required)

    View Item