PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN (PDKB) BATU KELAS X TKB SMK NEGERI 2 SURAKARTA

Mujauharotun, Arina (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN (PDKB) BATU KELAS X TKB SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1953Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah : (1) Mengetahui keaktifan belajar siswa dengan penerapan metode TGT dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKB SMK Negeri 2 Surakarta pada mata PDKB. (2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas X TKB SMK Negeri 2 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode TGT pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Konstruksi Bangunan (PDKB). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, sebelum siklus I dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan pra siklus, hasil pra siklus didapat dengan mengadakan tes pra siklus. Siklus I diawali dengan identifikasi permasalahan yang ada di kelas, perencanaan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) untuk siklus I dan siklus II. Pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, analisis dan refleksi dilakukan untuk tindakan pada siklus I dan siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Konstruksi Batu SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Data diperoleh melalui observasi afektif dan psikomotor siswa, wawancara, observasi performance guru, tes kognitif siklus I dan tes kognitif siklus II. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan siswa saat pelajaran mengalami peningkatan seiring dengan pergantian siklus, dibandingkan sebelum diterapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). (2) Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKB SMK Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009 – 2010 pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Konstruksi Bangunan (PDKB).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 25 Jul 2013 03:38
    Last Modified: 25 Jul 2013 03:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9026

    Actions (login required)

    View Item