PUBLIC RELATIONS WRITING DI PMI KOTA SURAKARTA

ROSADI, CASANDRA SIVA (2011) PUBLIC RELATIONS WRITING DI PMI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (407Kb)

    Abstract

    Public relations mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu perusahaan/organisasi. Seorang Public Relations diibaratkan sebagai jembatan penghubung antara perusahaan/organisasi dengan publiknya, baik itu publik internal maupun publik eksternal. Seorang public relations juga harus mampu menjalin relasi yang baik dan luas sehingga tercapai tujuan untuk membangun, membina dan mempertahankan citra positif perusahaan di mata publiknya. Aktivitas PR pada hakekatnya merupakan proses yang berkesinambungan. Dimana manajemen berusaha untuk memperoleh itikad baik dan pengertian dari komunitasnya, dari para pegawainya dan juga merupakan kelanjutan proses penetapan kebijakan pihak manajemen dalam memberikan masukan dan saran perbaikan untuk meningkatkan citra. Dalam hal ini PR merupakan sosok yang mewakili kepentingan perusahaan. Keberhasilan PR didalam menjalankan aktivitasnya dinilai akan membawa nama baik perusahaan dimata khalayaknya, dan sebaliknya kegagalan PR akan membawa citra buruk perusahaan Citra perusahaan sangat penting bagi setiap perusahaan atau organisasi. Hal ini dikarenakan citra merupakan keseluruhan kesan yang terbentuk dibenak masyarakat tentang perusahaan. Citra juga layaknya seperti nyawabagi perusahaan untuk bisa terus bertahan dan mengeruk keuntungan bisnisnya sepanjang masa. Untuk mencitrakan perusahaan sesuai yang diharapkan setiap organisasi atau perusahaan, apa pun jenisnya, membutuhkan fungsi public relations. Kegiatan public relations dapat dilaksanakan dalam berbagai situasi (setting). Walaupun prinsip-prinsip PR berlaku untuk seluruh jenis organisasi atau perusahaan, namun pekerjaan atau tugas praktisi PR dapat bervariasi tergantung pada situasi yaitu jenis organisasi atau perusahaan di mana praktisi PR bekerja. Namun, dewasa ini public relations tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan yang profit oriented namun juga penting bagi organisasi/lembaga non profit. PR dalam lembaga non profit memiliki fungsi yang berbeda dengan PR pada perusahaan yang profit oriented yaitu, mengembangkan awareness masyarakat terhadap citra organisasi, menciptakan media komunikasi yang tepat antara publik dan organisasi, menciptakan iklim fundraising, memformulasikan kebijakan publik yang berkaitan dengan misi organisasi Salah satu akses yang mampu menunjang fungsi tersebut adalah melalui kegiatan PR writing sebagai media komunikasinya. Public relations writing sangat diperlukan untuk pemberitahuan segala informasi yang up to date sehingga perusahaan/organisasi dapat lebih meningkatkan kualitas dalam pembentukan citra, menjalin hubungan yang baik dengan pihak lain seperti media massa, publik, perusahaan/organisasi lain, pemerintah serta pemilik saham. Serta dapat menjadi bahan tolak ukur keberhasilan kinerja sebuah perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 25 Jul 2013 02:37
    Last Modified: 25 Jul 2013 02:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9016

    Actions (login required)

    View Item