HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Humas Kantor Pos Besar Surakarta dalam Membangun Citra Perusahaan)

WIDYANINGRUM, ULFA (2011) HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Humas Kantor Pos Besar Surakarta dalam Membangun Citra Perusahaan). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Penelitian ini berusaha menggambarkan mengenai bagaimana peran Humas Kantor Pos Besar Surakarta dalam membangun citra perusahaan. Bermula dari berkembang pesatnya teknologi komunikasi seperti (telpon, internet, email, chatting, webcam), membawa dampak ditinggalkanya komunikasi tradisional dan surat menyurat. Hal tersebut mempengaruhi operasional kerja Kantor Pos Besar Surakarta, selaku Badan Usaha di bidang komunikasi distribusi surat. Supaya mampu terus bertahan di era globalisasi dan daya saing tinggi, Kantor Pos Besar Surakarta berusaha meningkatkan pelayanan dalam berbagai bidang usaha dan menggunakan teknologi juga dalam sistem operasionalnya. Peningkatan pelayanan dan pengembangan usaha tersebut memerlukan sosialisasi dan publikasi ke pada masyarakat agar Kantor Pos tetap berada dihati masyarakat. Disinilah peran penting Public Relations sangat diperlukan dalam membangun citra perusahaan. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini, mengacu dari teori Public Relations, yaitu Peran Public Relation yang terdiri dari 4 peran: Expert Prescriber (Penasehat Ahli), Facilitator Communication (Komunikasi Fasilitator), Problem Solving Process Fasilitator (Fasilitator Proses Pemecahan Masalah) dan Communication Technician (Teknisi Komunikasi). Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan metode wawancara atau interview, observasi atau pengamatan, dan studi pustaka. Teknik penarikan sampel mengguanakan purposive sampling, dengan memilih informan atau narasumber yang dianggap mampu mewakili informasi secara keseluruhan. Pengumpulan data primer sekunder dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan peran Public Relation di Kantor Pos Besar Surakarta. Data primer dan sekunder yang sudah terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah dari 4 peran Public Relation yang ada, Kantor Pos Besar Surakarta hanya melakukan 3 peran Public Relation dalam membangun citra perusahaan. Kantor Pos Besar Surakarta melakukan peran Facilitator Communication (Komunikasi Fasilitator) dengan sosialisasi, publikasi, promosi, menggelar events dan memanfaatkan berbagai media massa untuk komunikasi dengan publiknya. Sedangkan dalam peran Problem Solving Process Fasilitator (Fasilitator Proses Pemecahan Masalah), Kantor Pos Besar Surakarta membuka loket customer service, layanan customer service online dan post call 161, dalam membantu menyelesaikan keluhan publiknya. Kemudian dalam peran Communication Technician (Teknisi Komunikasi) Kantor Pos Besar Surakarta, menggunakan metode pendekatan, baik ke karyawan, masyarakat, lingkungan sekitar kantor pos, perusahaan, instansi, komunitas, pemerintah dan juga wartawan, agar terjalin selalu kerja sama yang saling menguntungkan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 24 Jul 2013 21:20
    Last Modified: 24 Jul 2013 21:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8968

    Actions (login required)

    View Item