PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (Team Assisted Individualization) DILENGKAPI MODUL DAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA SISWA SMAN 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN 2010/2011

FITRIANI, DEWI ROKHIL (2011) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (Team Assisted Individualization) DILENGKAPI MODUL DAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA SISWA SMAN 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2023Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dewi Rokhil Fitriani. K3306002. PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DILENGKAPI MODUL DAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA SISWA SMAN 1 MOJOLABAN TAHUN 2010/2011. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari. 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kualitas proses belajar siswa SMA Negeri 1 Mojolaban dengan menggunakan metode pembelajaran TAI yang dilengkapi dengan modul dan praktikum terhadap pelajaran kimia pada sub pokok bahasan Penentuan DH Reaksi, (2) meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Mojolaban dengan menggunakan metode pembelajaran TAI yang dilengkapi dengan modul dan praktikum terhadap pelajaran kimia pada sub pokok bahasan Penentuan DH Reaksi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus diawali tahap persiapan dan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IA2 SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2010/2011. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dilengkapi modul dan praktikum dapat meningkatan kualitas proses belajar kimia materi pokok Penentuan ΔH Reaksi. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I aspek kerjasama siswa sebesar 37,50% yang kemudian meningkat menjadi 75% pada siklus II, aspek kemampuan menyampaikan pendapat dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 25% yang kemudian meningkat menjadi 50 % pada siklus II, (2) Metode pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dilengkapi modul dan praktikum dapat meningkatan kualitas hasil belajar kimia materi pokok Penentuan ΔH Reaksi. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kognitif siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa sebesar 60% yang kemudian meningkat menjadi 82,5% pada siklus 2. Kata Kunci : TAI, Team Assisted Individualization, modul, Termokimia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Desi Arista
    Date Deposited: 24 Jul 2013 20:45
    Last Modified: 24 Jul 2013 20:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8954

    Actions (login required)

    View Item