EVALUASI PENERAPAN STRATEGI SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ENGLISH FIRST DI SURAKARTA

Anastasia, Denis (2011) EVALUASI PENERAPAN STRATEGI SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ENGLISH FIRST DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Fakultas Ekonomi.

[img] PDF
Download (630Kb)

    Abstract

    ABSTRAK EVALUASI PENERAPAN STRATEGI SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ENGLISH FIRST DI SURAKARTA Denis Anastasia F. 3207034 Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi segmenting, targeting dan positioning yang diterapkan pada lembaga pendidikan bahasa inggris English First dalam meningkatkan jumlah peserta didiknya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode desriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan strategi segmenting menggunakan beberapa dasar antara lain ; variabel segmentasi demografis meliputi usia (dari 3 tahun sampai dewasa tanpa batas usia) , jenis kelamin (pria dan wanita) , penghasilan (Perbulan diatas Rp. 2.000.000) , pekerjaan (Pelajar; Pegawai swasta; Manajer; Pengusaha) , pendidikan (TK; SD; SLTP; SLTA; Diploma; S1; S2) , agama (Islam; Katolik; Kristen; Hindu; Budha) dan etnik (Jawa; Cina; Arab) ; variabel segmentasi geografis meliputi wilayah karisendenan Surakarta (Solo,Sragen,Boyolali,Wonogiri) , kepadatan (perkotaan , pinggiran kota) , iklim (tropis , subtropis) ; variabel segmentasi psikografis yang menunjukkan bahwa mayoritas konsumen English First adalah menengah keatas sehingga mencerminkan gaya hidup yang mewah ; dan variabel segmentasi perilaku menunjukkan bahwa kategori konsumen dewasa di English First adalah mereka yang mayoritas tingkat pemakai produk berat sehingga menimbulkan repeated buying. Dampak segmenting terhadap pemasaran produk yaitu English First dapat mengetahui dengan pasti segmen mana saja yang harus dibidik dengan tepat agar produk jasanya dapat diketahui dengan baik oleh konsumen. Penerapan strategi targeting English First menggunakan strategi pemasaran berbeda (Differentiated Marketing) agar English First dapat mengkonsentrasikan penyaluran produknya kepada sasaran pasar yang tepat. Strategi positioning yang dilakukan English First melalui beberapa langkah pengidentifikasian keunggulan yang dimiliki. Adapun nilai keunggulan dari English First adalah mereknya yang sudah melekat dihati konsumen. Dari penjabaran di atas saran yang diajukan adalah (1) Hendaknya perusahaan memperluas daerah pemasaran yang akan dibidiknya. (2) English First lebih meningkatkan kualitas produk jasa yang ditawarkan dan meningkatkan informasi tentang keunggulan produk tersebut. (3) Untuk mempertahankan positioning perusahaan hendaknya memberikan penghargaan kepada konsumen yang setia. Kata Kunci : Segmenting, Targeting, Positioning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 853 not found.
    Date Deposited: 24 Jul 2013 20:33
    Last Modified: 24 Jul 2013 20:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8948

    Actions (login required)

    View Item