STUDI DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT PEMBANGUNAN SOLO CENTER POINT DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MATRIKS ASAL TUJUAN KOTA SURAKARTA Traffic Impact Study on the Result of Solo Center Point Establishment by Considering the Origin Destination Matrices of Surakarta City

Widodo, Trisno (2010) STUDI DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT PEMBANGUNAN SOLO CENTER POINT DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MATRIKS ASAL TUJUAN KOTA SURAKARTA Traffic Impact Study on the Result of Solo Center Point Establishment by Considering the Origin Destination Matrices of Surakarta City. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Fakultas Teknik.

[img] PDF - Published Version
Download (4084Kb)

    Abstract

    A B S T R A K Trisno Widodo, 2010, Studi Dampak Lalu Lintas akibat Pembangunan Solo Center Point dengan Mempertimbangkan Matriks Asal Tujuan Kota Surakarta. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Studi dampak lalu lintas pada dasarnya merupakan analisis pengaruh pengembangan tata guna lahan terhadap sistem pergerakan arus lalu lintas di sekitarnya yang diakibatkan oleh bangkitan lalu lintas yang baru, lalu lintas yang beralih, dan oleh kendaraan masuk dari atau ke lahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya estimasi bangkitan dan tarikan pergerakan lalu lintas akibat pembangunan Solo Center Point, mengetahui besarnya dampak lalu lintas akibat pembangunan Solo Center Point, dan mengetahui strategi penanganan dampak dengan sistem do-nothing dan sistem dosomething. Penelitian ini dilakukan di ruas persimpangan Solo Center Point dan persimpangan Purwosari sebagai wilayah kajian. Jaringan jalan yang dianalisis adalah ruas jalan arteri dan ruas jalan kolektor. Nilai volume lalu lintas diperoleh dengan metode pembebanan User Equilibrium. Tingkat kinerja jaringan jalan menggunakan parameter NVK (Nisbah Volume dan Kapasitas). Dari hasil perhitungan dengan bantuan EMME/3, diperoleh estimasi total bangkitan akibat pembangunan Solo Center point sebesar 36 smp/jam, total tarikan sebesar 218 smp/jam, nilai NVK di wilayah kajian pada kondisi existing dan kondisi setelah pembukaan Solo Center Point berkisar antara 0,1 sampai 0,7 yang berarti jaringan jalan dalam kondisi stabil. Pada ruas jalan Slamet Riyadi (node 6-5) terjadi nilai NVK tertinggi sebesar 0,7. Perubahan volume lalu lintas tertinggi terjadi pada ruas jalan KH. Agus Salim (node 6 – 108) sebesar 19,89%. Strategi penanganan secara do-nothing yang dilakukan adalah pelarangan on street parking di sepanjang ruas Slamet Riyadi (node 6-7). Kata kunci : Studi Dampak Lalu Lintas, Volume Lalu Lintas, EMME/3, NVK

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Desi Arista
    Date Deposited: 24 Jul 2013 20:16
    Last Modified: 24 Jul 2013 20:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8933

    Actions (login required)

    View Item