KONTRIBUSI MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI D III KEPERAWATAN STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK

Sujatmiko, (2008) KONTRIBUSI MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI D III KEPERAWATAN STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (492Kb)

    Abstract

    Sujatmiko, S540907118. 2009. Kontribusi Minat Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi D III Keperawatan STIKes Satria Bhakti Nganjuk. Tesis : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Prosedur masuk pendidikan D III keperawatan tidak berdasar pada nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) tetapi melalui prosedur yang telah ditetapkan dalam buku pedoman penerimaan mahasiswa baru yang diterbitkan dari Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes) Departemen Kesehatan RI. Yaitu melalui tes administrasi, tes tertulis yang meliputi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terpadu, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia serta tes kesehatan. Oleh karena amino yang terbatas maka fungsi tes seleksi tersebut seolah-olah hanya formalitas saja karena pada akhirnya seluruh peserta tes dapat diterima. Kondisi ini menyebabkan banyak peserta didik yang masuk tidak disertai dengan minat dan motivasi tinggi, hal ini tentu banyak berpengaruh terhadap proses belajar mengajar seperti rendahnya semangat untuk belajar, tidak aktif, tidak disiplin atau bahkan putus ditengah jalan yang pada akhirnya prestasi yang diperoleh kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi minat dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi D III Keperawatan Satria Bhakti Nganjuk Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi D III Keperawatan STIKes Satria Bhakti Nganjuk tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 195 orang, dengan simple random sampling diperoleh 49 responden. Variabel bebas adalah mutu layanan yang terdiri dari minat (X1) dan motivasi (X2). Variabel terikat adalah prestasi belajar. Pengukuran variabel menggunakan kuesioner, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis diketahui minat memiliki nilai koefisien regresi standarized sebesar 0,475 dengan nilai T sebesar 4,541 yang berarti memiliki kontribusi yang signifikan terhadap IPK dan memiliki kuat pengaruh relatif sebesar 44,44%. Motivasi memiliki nilai koefisien regresi standarized sebesar 0,434 dengan nilai T sebesar 4,151 yang berarti memiliki kontribusi yang signifikan terhadap IPK dan memiliki kuat pengaruh relatif sebesar 43,4%. Berdasarkan hasil analisa secara simultan diketahui nilai F hitung sebesar 28,985 dengan nilai P-Value sebesar 0,00. Karena F hitung (28,985) > F tabel yaitu (3,23), yang berarti minat dan motivasi mahasiswa Prodi D-III Keperawatan STIKes Satria Bhakti Nganjuk secara bersama-sama memiliki kontribusi yang signifikan terhadap IPK. Besarnya kontribusi minat dan motivasi terhadap prestasi belajar adalah 55,8%. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa minat dan motivasi secara terpisah maupun secara bersama-sama memiliki kontribusi positif terhadap indeks prestasi mahasiswa Prodi D III Keperawatan STIKes Satria Bhakti Nganjuk. xivKata Kunci : Minat, Motivasi dan Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 24 Jul 2013 20:13
    Last Modified: 24 Jul 2013 20:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8931

    Actions (login required)

    View Item