PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MELEMPAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BULU 01, KEC. POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas)

ARIYUWONO, NUNUNG (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MELEMPAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BULU 01, KEC. POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (2999Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui: Penerapan model pembelajaran PAIKEM untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar melempar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bulu 01, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan model pembelajaran PAIKEM Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bulu 01, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011 berjumlah 22 siswa yang terdiri atas 6 siswa putra dan 16 siswa putri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bulu 01, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data adalah dengan Pengamatan, tes dan pengukuran dari IAAF KIDS’ ATLETICS. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengamati dan mengobservasi proses dan hasil tes kemampuan gerak dasar sebelum diberi penerapan model pembelajaran PAIKEM dan setelah diberi model pembelajaran PAIKEM. Prosedur penelitian ini meliputi planning, acting, observasi dan reflecting. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar melempar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bulu 01, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Dari KKM 75 Mapel Penjasorkes Kelas IV di SDN Bulu 01, pada siklus I menunjukkan rata-rata nilai 75 atau 68,2% siswa tuntas, sedangkan pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 77 atau 77,3% siswa tuntas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 24 Jul 2013 19:42
    Last Modified: 24 Jul 2013 19:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8913

    Actions (login required)

    View Item