ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TIMBANGAN “SSS” SURAKARTA

SURYAWAN, INDRA (2008) ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TIMBANGAN “SSS” SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta .

[img] PDF - Published Version
Download (851Kb)

    Abstract

    Dalam menentukan unsur bauran promosi yang paling efektif dan mengkombinasikan antara unsur-unsur tersebut adalah merupakan tugas dari manajemen pemasaran. Dengan pemakaian bauran promosi diharapkan akan dapat diketahui pengaruhnya terhadap volume penjualan, dan seberapa besar hasil yang diperoleh sebagai akibat dari dana yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi tersebut. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pengaruh biaya promosi (periklanan, promosi penjualan, personel selling, dan publisitas) terhadap volume penjualan pada perusahaan timbangan “SSS” di Surakarta; 2) Untuk mengetahui variabel promosi yang paling dominan pengaruhnya terhadap volume penjualan pada perusahaan timbangan “SSS” di Surakarta. Hipotesis yang diajukan adalah : 1) Terdapat pengaruh antara biaya promosi (periklanan, promosi penjualan, personel selling, dan publisitas) terhadap volume penjualan pada perusahaan timbangan “SSS” di Surakarta; 2) Variabel personel selling mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kenaikan volume penjualan pada perusahaan timbangan “SSS” di Surakarta. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah: uji asumsi, analisis regresi multiple, uji t, dan uji F. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan: 1) Variabel biaya periklanan dengan hasil nilai thitung sebesar 2,608 dengan taraf signifikan 0,05 dan nilai sebesar 0,020 ( < 0,05), berarti hipotesis alternatif (Ha1) didukung. Jadi variabel biaya periklanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada perusahaan timbangan “SSS” Surakarta; 2) Variabel biaya promosi penjualan dengan hasil nilai thitung sebesar –1,369 dengan taraf signifikan 0,05 dan nilai sebesar 0,191 ( > 0,05), berarti hipotesis alternatif (Ha2) tidak didukung. Jadi variabel biaya promosi penjualan tidak mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan pada perusahaan timbangan “SSS” Surakarta; 3) Variabel biaya personel selling dengan hasil nilai thitung sebesar 14,383 dengan taraf signifikan 0,05 dan nilai sebesar 0,000 ( < 0,05), berarti hipotesis alternatif (Ha1). Jadi variabel biaya personel selling mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada perusahaan timbangan “SSS” Surakarta; 4) Variabel biaya publisitas dengan hasil nilai thitung sebesar 3,579 dengan taraf signifikan 0,05 dan nilai sebesar 0,003 ( < 0,05), berarti hipotesis alternatif (Ha1) didukung. Jadi variabel biaya publisitas mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada perusahaan timbangan “SSS” Surakarta; 5) Hasil uji t secara keseluruhan diketahui bahwa nilai uji t yang terbesar diperoleh pada variabel biaya personel selling yaitu sebesar 14,383 dengan tingkat signifikansi 0,000, hasil pengujian ini mendukung Ha2, artinya bahwa biaya personel selling mempunyai pengaruh paling dominan dibanding variabel lain terhadap volume penjualan di perusahaan timbangan “SSS” Surakarta; 6) Berdasarkan hasil uji F diketahui Fhitung > Ftabel (278,557) dengan nilai = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, maka dapat dikatakan bahwa independent (periklanan, promosi penjualan, personel selling, dan publisitas) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan pada perusahaan timbangan “SSS” Surakarta. Kata Kunci: Periklanan, promosi penjualan, personel selling, publisitas, volume penjualan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Riza Umami Nur K
    Date Deposited: 24 Jul 2013 19:12
    Last Modified: 24 Jul 2013 19:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8901

    Actions (login required)

    View Item