“PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 02 KWANGSAN KEC. JUMAPOLO KAB. KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011”

YULIANTO, ROHMAT (2011) “PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 02 KWANGSAN KEC. JUMAPOLO KAB. KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011”. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1630Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa melalui penerapan model quantum learning pada siswa kelas III SD Negeri 02 Kwangsan Tahun Pelajaran 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas III SD Negeri 02 Kwangsan Jumapolo yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif interaktif (Miles & Hubermen) yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model quantum learning dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa siswa kelas III SD Negeri 02 Kwangsan Jumapolo tahun pelajaran 2010/2011. Peningkatan keterampilan menulis aksara jawa tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan menulis huruf Jawa siswa pada setiap siklus yaitu; sebelum tindakan (prasiklus) nilai rata-rata keterampilan menulis huruf Jawa siswa 58,2 dimana siswa mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimum KKM yaitu 60 hanya 6 siswa (42,8%), siklus I nilai rata-rata keterampilan menulis huruf Jawa siswa meningkat menjadi 68,43 dimana sebanyak 9 (64,28%) siswa memperoleh nilai di atas KKM yaitu 60, dan siklus II nilai rata-rata keterampilan menulis huruf Jawa siswa meningkat lagi menjadi 86,36 dengan 12 siswa memperoleh nilai di atas KKM (85,71%). Kata kunci : keterampilan menulis, aksara Jawa, model quantum learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 24 Jul 2013 19:08
    Last Modified: 24 Jul 2013 19:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8900

    Actions (login required)

    View Item