ANALISIS BIAYA-VOLUME-LABA SEBAGAI ALAT BANTU PERENCANAAN LABA PADA DEPARTEMEN PRINTING DI PT. DAN LIRIS TAHUN 2010

TANJUNG, MUH. BRIAN (2010) ANALISIS BIAYA-VOLUME-LABA SEBAGAI ALAT BANTU PERENCANAAN LABA PADA DEPARTEMEN PRINTING DI PT. DAN LIRIS TAHUN 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2242Kb)

    Abstract

    Ukuran yang seringkali dipakai untuk menilai sukses atau tidaknya manajemen suatu perusahaan adalah dari besar kecilnya laba yang diperoleh perusahaan. Menurut Mulyadi (1990:467) besar kecilnya laba terutama dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu harga jual produk, biaya-biaya yang dikeluarkan, dan volume penjualan. Tiga faktor tersebut saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, dalam perencanaan, hubungan antara biaya, volume, dan laba memegang peranan yang penting, sehingga manajemen suatu perusahaan harus bisa memahami, mengetahui, dan mengkombinasikan faktor-faktor tersebut agar perusahaan mendapatkan laba yang optimal. Dengan dilakukannya perencanaan laba, maka perusahaan dapat mengetahui besarnya biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang dalam jumlah tertentu sehingga perusahaan mendapatkan laba yang diinginkan. Sebelum perusahaan menentukan besarnya laba yang diinginkan, manajemen suatu perusahaan harus terlebih dahulu mengetahui break even point perusahaan. Break even point merupakan sarana untuk merencanakan laba. Dalam hal ini perusahaan tidak memperoleh laba maupun menderita kerugian. Setelah mengetahui break even point perusahaan, maka perusahaan dapat memperkirakan jumlah biaya yang harus dikeluarkan serta penjualan yang harus dilakukan agar perusahaan tidak menderita kerugian dalam tujuan perusahaan untuk memperoleh laba secara optimal. Pada PT. Dan Liris ini belum menggunakan analisis biaya-volume penjualan-laba dalam menentukan besarnya laba yang diinginkan. Perusahaan ini dalam menentukan besarnya laba hanya berdasarkan keputusan manajemen dengan membandingkan jumlah yang diterima dengan jumlah yang dikeluarkan tahun lalu sebagai pedoman semakin tinggi tingkat penjualan semakin banyak laba yang diperoleh. Dengan menggunakan analisis biaya, volume penjualan, dan laba, maka manajemen suatu perusahaan dapat membuat perencanaan secara terpadu atas semua aktivitas yang sedang maupun akan dilakukan dalam upaya mencapai tujuan perusahaan untuk memperoleh laba yang optimal. Hal tersebut dikarenakan hasil analisis tersebut lebih tepat dan akurat dalam membantu manajemen suatu perusahaan dalam merumuskan kebijakan, membuat keputusan dan menentukan laba dari pada menggunakan perbandingan tingkat pendapatan dan tingkat biaya yang dikeluarkan tahun lalu. Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk meakukan penelitian ini dengan mengangkat judul “Analisis Biaya-Volume-Laba Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba Pada Departemen Printing Di PT. Dan Liris Tahun 2010 ”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Miftahful Purnanda Puspasari
    Date Deposited: 24 Jul 2013 17:04
    Last Modified: 24 Jul 2013 17:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8868

    Actions (login required)

    View Item