CAGAR BUDAYA SURABAYA KOTA PAHLAWAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial di Universitas Negeri Surabaya)

Alrianingrum, Septina (2010) CAGAR BUDAYA SURABAYA KOTA PAHLAWAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial di Universitas Negeri Surabaya). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (506Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui kemampuan mahasiswa mengidentifikasi jenis cagar budaya Surabaya kota pahlawan; (2) Pemahaman ini bertujuan untuk mengetahui Surabaya disebut kota Pahlawan dalam pembelajaran sejarah; dan (3) Keberadaan cagar budaya tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Penelitian ini dilakukan di lingkungan fakultas ilmu sosial program studi pendidikan sejarah Universitas Negeri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan bentuk studi kasus tunggal terpancang. Sumber data terdiri atas narasumber, arsip/dokumen dan tempat aktivitas. Data digali melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumen terkait. Untuk validitas data dilakukan dengan teknik trianggulasi data dan trianggulasi sumber. Analisa data menggunakan model analisis interaktif untuk mendapatkan simpulan berdasarkan reduksi dan sajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum semua mahasiswa mengetahui jenis cagar budaya Surabaya yang mendukung disebut sebagai kota Pahlawan. Pengetahuan ini mendorong tingkat pemahaman Surabaya sebagai kota Pahlawan perlu ditingkatkan dalam pembelajaran sejarah dengan cara mengidentifikasi jenis dan keberadaan cagar budaya. Proses identifikasi dengan observasi lapangan mendorong mahasiswa dapat mengetahui keberadaan cagar budaya pendukung Surabaya disebut kota pahlawan dan memanfaatkannya sebagai sebagai sumber belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memanfaatkan cagar budaya sebagai salah satu sumber belajar dalam pembelajaran sejarah. Diharapkan pemanfaatan ini dapat melestarikan cagar budaya sebagai sumber informasi untuk memperkuat identitas suatu kota dalam kegiatan pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 24 Jul 2013 16:57
    Last Modified: 24 Jul 2013 16:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8865

    Actions (login required)

    View Item