ANALISIS BRAND AWARENESS PADA JASA PENGIRIMAN BARANG PT. POS INDONESIA (PERSERO) SURAKARTA

Kristiani, Ardita Retno (2010) ANALISIS BRAND AWARENESS PADA JASA PENGIRIMAN BARANG PT. POS INDONESIA (PERSERO) SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (271Kb)

    Abstract

    Kesadaran konsumen terhadap perusahaan jasa pengiriman barang sangatlah penting bagi perusahaan, karena dengan mengetahui tingkat kesadaran merek tersebut, sebuah perusahaan dapat mengetahui produk jasa pengiriman barang tersebut dikenal oleh masyarakat luas atau hanya sebatas kalangan orang tertentu saja. Agar perusahaan tersebut dapat melekat di hati konsumen, maka perusahaan saling berlomba untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan. Perbedaan harga, keamanan, waktu yang diperlukan untuk mengirimkan barang agar sampai ke tangan konsumen, maupun pelayanan yang di berikan para petugas saat berhadapan langsung dengan konsumen menjadi hal yang perlu diperhatikan perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan pengiriman barang lain. Setelah mengetahui perkembangan perusahaan jasa pengiriman barang yang ada saat ini, maka nampak fenomena bahwa persaingan dunia jasa tersebut semakin keras dan memacu perusahaan dalam hal ini PT. POS INDONESIA Surakarta untuk dapat menjaga eksistensinya di masyarakat. Sehingga untuk dapat menguasai dan merebut pangsa pasar , Kantor Pos Surakarta harus dapat memberikan service yang baik bagi semua konsumennya. Hal ini di maksudkan agar konsumen lebih dapat mengingat merek dari perusahaan tersebut. Selain itu yang terpenting adalah jika konsumen benar- benar menyadari keberadaan PT. POS INDONESIA di benak masing- masing. Untuk mengetahui kesadaran terhadap produk jasa pengiriman barang PT. POS INDONESIA, maka perlu dilakukan pengukuran tingkat kesadaran merek (Brand Awareness) pada perusahaan tersebut. Brand Awareness menunjukkan kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu. (Aaker dalam Durianto, 2001:4). Menurut David A. Aaker untuk mengukur Brand Awareness (kesadaran merek) melalui empat tahap yaitu Top of Mind (puncak pikiran), Brand Recall (pengingatan kembali merek), Brand Recognition (pengenalan merek) dan Unaware Brand (tidak menyadari terhadap merek). Dari pemaparan latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk mengukur Brand Awareness didasarkan pada tingkatan Top of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, dan Unaware Brand produk jasa pengiriman barang pada PT. POS INDONESIA Surakarta melalui suatu penelitian yang berjudul: ”ANALISIS BRAND AWARENESS PADA JASA PENGIRIMAN BARANG PT. POS INDONESIA (PERSERO) SURAKARTA”

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Miftahful Purnanda Puspasari
    Date Deposited: 24 Jul 2013 16:47
    Last Modified: 24 Jul 2013 16:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8853

    Actions (login required)

    View Item