PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I BATURETNO WONOGIRI

Darsono, Toto Sinu (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I BATURETNO WONOGIRI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (619Kb)

    Abstract

    Menulis merupakan salah satu kompetensi dasar dalam pembianaan keterampilan menulis di tingkat sekolah dasar. Keterampilan menulis yang baik merupakan memberikan pengaruh yang positif bagi proses peningkatan prestasi belajar dan peningkatan daya kreativitas siswa, karena dengan menulis yang baik berarti siswa telah mampu mengetahui dan memahami ide pokok yang akan diuraikan atau dibeberkan dalam tulisannya dengan menggunakan kata – katanya sendiri. Namun dalam pengajaran keterampilan menulis terkadang guru kurang intensif dalam mengarahkan siswanya. Di samping itu, siswa juga merasa kesulitan dalam mengembangkan tulisannya ehingga hasilnya kurang menarik. Hasil pengajaran menulis ini dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor kebahasaan dan nonkebahasaan. Dalam segi faktor kebahasaan yang mempengaruhi antara lain pemilihan kata atau diksi, dalam penggunaan tanda baca, pembentukan kata, penggunaan ejaan dan penguasaan kalimat efektif, sebagai salah satu kebahasaan yang mempengaruhi kemampuan membuat tulisan penguasaan kalimat efektif merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami. Ada siswa yang kemampuan penguasaan kalimat efektifnya baik akan mampu membuat kalimat – kalimat yang singkat, logis dan sesuai dengan kaidah tata bahasa sehingga tulisannya mudah dipahami dan menarik bagi yang membacanya. Penguasaan kalimat efektif sangat mendukung kelancaran, kebaikan dan keberhasilan siswa dalam membuat tulisan. Dengan kegiatan belajar ini akan menghasilkan kecakapan – kecakapan baru yang dimilikinya antara lain keterampilan, pengetahuan, sikap dan nilai. Pengetahuan sikap dan keterampilan itu tercermin pada prestasi yang diperoleh siswa, diantaranya adalah prestasi atau keterampilan membuat tulisan yang bermutu dan menarik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Miftahful Purnanda Puspasari
    Date Deposited: 24 Jul 2013 15:55
    Last Modified: 24 Jul 2013 15:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8810

    Actions (login required)

    View Item