PERANAN PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI PENGGUNAAN MEDIA DAN METODE PEMBELAJAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENJASKESREK JPOK FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA ANGKATAN 2008

SUPRIYANTO, DWI (2011) PERANAN PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI PENGGUNAAN MEDIA DAN METODE PEMBELAJAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENJASKESREK JPOK FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA ANGKATAN 2008. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (537Kb)

    Abstract

    perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user v ABSTRAK Dwi Supriyanto. PERANAN PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI PENGGUNAAN MEDIA DAN METODE PEMBELAJAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENJASKESREK JPOK FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA ANGKATAN 2008. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Besarnya peranan persepsi mahasiswa mengenai penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa Penjaskesrek JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2008, (2) Besarnya peranan persepsi mahasiswa mengenai penggunaan metode pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa Penjaskesrek JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2008, dan (3) Besarnya peranan persepsi mahasiswa mengenai penggunaan media dan metode pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa Penjaskesrek JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2008. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasional. Sampel dari penelitain ini adalah mahasiswa Penjaskesrek JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2008 sejumlah 107 orang mahasiswa. Teknik pengambilan data untuk variabel persepsi mahasiswa mengenai penggunaan media pembelajaran (X1), persepsi mahasiswa mengenai penggunaan metode pembelajaran (X2) dan motivasi belajar mahasiswa Penjaskesrek JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2008 (Y) digunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda. Berdasarkan hasil penelitian diambil simpulan: (1) Terdapat peranan yang berarti antara variabel persepsi mahasiswa mengenai penggunaan media pembelajaran (X1) terhadap variabel motivasi belajar mahasiswa penjaskesrek JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2008 (Y) sebesar 48,58%, (2) Terdapat peranan yang berarti antara variabel persepsi mahasiswa mengenai penggunaan metode pembelajaran (X2) terhadap variabel motivasibelajar mahasiswa penjaskesrek JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2008 (Y) sebesar 46,92%, (3) Terdapat peranan yang berarti antara variabel persepsi mahasiswa mengenai penggunaan media pembelajaran (X1) dan variabel persepsi mahasiswa mengenai penggunaan metode pembelajaran (X2) terhadap variabel motivasi belajar mahasiswa penjaskesrek JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2008 (Y) sebesar 57,40%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 24 Jul 2013 12:02
    Last Modified: 24 Jul 2013 12:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8796

    Actions (login required)

    View Item