PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DISERTAI MODUL HASIL PENELITIAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA POKOK BAHASAN LIMBAH SISWA KELAS X.4 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA

Fadhillah, Umi Nur (2011) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DISERTAI MODUL HASIL PENELITIAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA POKOK BAHASAN LIMBAH SISWA KELAS X.4 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1511Kb)

    Abstract

    Umi Nur Fadhillah. K4306041. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DISERTAI MODUL HASIL PENELITIAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA POKOK BAHASAN LIMBAH SISWA KELAS X.4 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA. Skripsi, 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X.4 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 melalui penggunaan pembelajaran kooperatif Jigsaw disertai modul hasil penelitian pada pokok bahasan limbah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.4 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011.Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui penggunaan pembelajaran kooperatif Jigsaw disertai modul hasil penelitian pada pokok bahasan Limbah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Hal ini didasarkan pada hasil analisis angket, hasil observasi dan wawancara. Rata-rata nilai persentase capaian tiap indikator dari angket aktivitas belajar siswa untuk siklus I sebesar 73,29% dan siklus II sebesar 82,03%. Sedangkan rata-rata nilai persentase capaian tiap indikator yang didapatkan dari hasil observasi aktivitas belajar siswa untuk siklus I sebesar 71,10% dan siklus II sebesar 84,82%. Selanjutnya, rata-rata nilai persentase capaian tiap indikator hasil wawancara siklus I adalah 69,23% dan siklus II sebesar 83,08%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif Jigsaw disertai modul hasil penelitian pada pokok bahasan Limbah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X.4 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 pada pembelajaran biologi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 24 Jul 2013 06:12
    Last Modified: 24 Jul 2013 06:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8772

    Actions (login required)

    View Item