PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA RADIO SAS FM SURAKARTA

HIDAYAT, FAUZAN SYAHRUL (2011) PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA RADIO SAS FM SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (525Kb)

    Abstract

    Bauran pemasaran untuk produk jasa merupakan paduan dari strategi produk, harga, promosi, distribusi, orang, proses serta layanan yang dirancang untuk menghasilkan proses pertukaran dengan tujuan untuk memuaskan konsumen. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini yaitu untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran pada PT. Sasana Adhi Suara (SAS FM) yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process, dan service. Metode yang digunakan adalah taknik pengumpulan data melalui pemeriksaan dokumen dan wawancara, dengan metode pembahasan deskriptif yaitu dengan menceritakan dan menggambarkan keadaan yang sesungguhnya mengenai SAS FM. Kesimpulan yang dapat dikemukakan oleh penulis terkait penerapan bauran pemasaran pada SAS FM yaitu : 1. Produk yang dihasilkan oleh SAS FM yaitu berupa program- program acaranya yang memberikan hiburan dan informasi yang variatif dan inovatif. 2. Harga dalam SAS FM ditetapkan untuk tarif iklan. 3. Dalam rangkaian kegiatan promosionalnya SAS FM memanfaatkan beberapa media periklanan yang dapat membantu kegiatan promosionalnya SAS FM diantaranya melalui media internet, surat kabar, event serta brosur untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak. 4. Lokasi dan Distribusi a. Lokasi yang dipilih dalam menjalankan kegiatan operasional SAS FM yaitu gedung milik sendiri di Jl. Raya Solo Baru AA 19. b. Saluran distribusi dalam penyampaian produk jasa yang dihasikan oleh SAS FM kepada para pendengarnya adalah melalui saluran distribusi langsung. 5. Peran orang-orang dalam bauran pemasaran pada SAS FM dalam interaksi dengan pendengarnya antara lain penyiar, operator, teknisi, reporter dan jabatan-jabatan operasional lainnya. 6. Proses dalam bauran pemasaran SAS FM diterapkan dalam kegiatan atau proses penyiaran program acara SAS FM. 7. Layanan yang diberikan oleh SAS FM berupa Layanan interaktif, pendengar dapat merequest lagu atau kirim salam. Selain itu layanan pelanggan yang diberikan berupa manfaat yang dapat dirasakan oleh pendengar secara langsung seperti kegunaan tempat dan kegunaan informasi. Dari beberapa kesimpulan tersebut maka penulis dapat memberikan beberapa saran diantaranya : 1. Penambahan program acara tertentu seperti segmen musik indie untuk memacu kreatifitas band local agar demo lagu mereka dapat didengar. 2. Penawaran paket iklan untuk beberapa kali siar dengan potongan harga untuk menarik para pemasang iklan. 3. Pemanfaatan media promosi seperti iklan papan reklame (outdoor advertising) dan melalui media televisi. 4. Perlu adanya sedikit pembenahan dari segi penataan dan penempatan aset-aset SAS FM. 5. Pengawasan dan pemantauan kinerja oleh atasan serta pemberian pelatihan kepenyiaran dan peningkatan mutu kinerja karyawannya dalam bidang kepenyiaran guna meningkatkan daya saing SAS FM. 6. Saling mengisi dalam setiap unsur proses penyiaran melalui posisi mereka dalam menyediakan dan memberikan layanan jasa informasi. Layanan yang dapat diberikan antara lain menyelenggarakan acara tertentu seperti perkumpulan atau pertemuan rutin antara konsumen dengan penyedia jasa dan layanan berupa penampungan kritik dan saran pendengar demi mengembangkan dan meningkatkan kualitas jasa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 24 Jul 2013 05:45
    Last Modified: 24 Jul 2013 05:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8761

    Actions (login required)

    View Item