PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN KREATIVITAS SISWA

DIANASARI, ENTI (2010) PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN KREATIVITAS SISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (655Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif model STAD dan model Jigsaw; 2) adanya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah; 3) adanya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai kreativitas tinggi dengan siswa yang mempunyai kreativitas rendah; 4) adanya interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa; 5) adanya interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa; 6) adanya interaksi antara kemampuan awal dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa; 7) adanya interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa, pada materi Alat-alat Optik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pati dari bulan Januari 2010 sampai bulan Juni 2010 dengan populasi seluruh siswa kelas X semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 4 kelas diambil secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan tes prestasi belajar siswa, tes kemampuan awal siswa, dan angket kreativitas siswa. Hipotesis tes menggunakan Anova dengan desain faktorial 2x2x2 dan uji lanjut. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan model STAD; 2) ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah; 3) tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai kreativitas tinggi dengan siswa yang mempunyai kreativitas rendah; 4) tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar fisika pada materi alat-alat optik; 5) tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan model STAD dengan kreativitas terhadap prestasi belajar fisika pada materi alat-alat optik; 6) tidak ada interaksi antara kemampuan awal dan kreativitas terhadap prestasi belajar fisika pada materi alat-alat optik; 7) tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar fisika pada materi alat-alat optik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: rangga darmajati
    Date Deposited: 24 Jul 2013 05:41
    Last Modified: 24 Jul 2013 05:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8758

    Actions (login required)

    View Item