PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS KEGIATAN EKONOMI BAGI SISWA KELAS IV TUNAGRAHITA RINGAN SLB NEGERI PURBALINGGA TAHUN 2008/2009

Suyatmo, - (2009) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS KEGIATAN EKONOMI BAGI SISWA KELAS IV TUNAGRAHITA RINGAN SLB NEGERI PURBALINGGA TAHUN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (290Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal jenis-jenis kegiatan ekonomi melalui metode bermain peran pada siswa tunagrahita ringan Kelas IV SLB Negeri Purbalingga tahun 2008/2009. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) terhadap siswa tunagrahita ringan Kelas IV SLB Negeri Purbalingga sebanyak 10 orang siswa yang mengikuti tes. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data penelitian berdasarkan hasil tes yang dikenakan pada subyek tes. Berdasarkan hasil tindakan tiga siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan penguasaan mengenal jenis-jenis kegiatan ekonomi siswa tunagrahita Kelas IV SLB Negeri Purbalingga tahun 2008/2009 dengan kenaikan prestasi rata-rata 0,5, prestasi belajar bila dibandingkan kondisi awal meningkat rata-rata 1,9 dari 4,90 menjadi 6,80.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: rangga darmajati
    Date Deposited: 24 Jul 2013 05:01
    Last Modified: 24 Jul 2013 05:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8751

    Actions (login required)

    View Item