Efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (stad) dengan tipe jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya belajar siswa smp klas viii smp negeri Sukoharjo

Agustin, Ninik (2010) Efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (stad) dengan tipe jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya belajar siswa smp klas viii smp negeri Sukoharjo. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (330Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui apakah model pembelajaran Jigsaw memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD (2) untuk mengetahui apakah gaya belajar siswa yang berbeda-beda memberikan prestasi belajar matematika yang berbeda-beda pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, yang terdiri dari 2 variabel bebas yaitu model pembelajaran dan gaya belajar siswa, dan 1 variabel terikat yaitu hasil prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP se Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Pengumpulan datanya dilakukan melalui kajian dokumen sekolah, angket gaya belajar dan tes pilihan ganda. Analisis butir soal pada tes prestasi dan angket gaya belajar terdiri dari analisis daya beda, tingkat kesukaran dan konsistensi internal. Analisis instrumen yang dilakukan pada tes yaitu validitas isi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu : Uji keseimbangan, uji pasyarat analisis (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas), Uji Hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari data analisis disimpulkan : (1) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menghasilkan prestasi yang lebih baik dibanding dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Fa = 4,7997 > Fa = 3,84), (2) Prestasi siswa yang mempunyai gaya belajar visual sama saja dengan prestasi belajar siswa yang mempunyai gaya belajar auditorial dan kinestetik pada materi Bangun Ruang Sisi Datar siswa kelas VIII SMP Negeri di Sukoharjo. (Fb = 1,6175 < Fa = 3,00), (3) Tidak terdapat interaksi yang antara penerapan model pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika pada materi Bangun Ruang Sisi Datar siswa kelas VIII SMP Negeri di Sukoharjo (Fab = 0,9372 < Fa = 3,00).

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: rangga darmajati
    Date Deposited: 24 Jul 2013 04:46
    Last Modified: 24 Jul 2013 04:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8747

    Actions (login required)

    View Item