STRATEGI PROMOSI UNTUK MENJARING KLIEN DI DIVISI IKLAN SURAT KABAR HARIAN SUARA MERDEKA PERWAKILAN SURAKARTA

Agustin, Ayu Dwi (2008) STRATEGI PROMOSI UNTUK MENJARING KLIEN DI DIVISI IKLAN SURAT KABAR HARIAN SUARA MERDEKA PERWAKILAN SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (358Kb)

    Abstract

    Dengan semakin meningkatnya orang beriklan melalui media cetak khususnya pada surat kabar dan semakin meningkatnya minat baca masyarakat Indonesia, tentu saja hal ini berpengaruh terhadap perusahaan – perusahaan surat kabar untuk dapat memberikan pelayanan yang sebaik – baiknya kepada para pelanggannya atau audience yang akn menikmati surat kabar. Dalam sebuah surat kabar sebuah iklan merupakan salah satu hal yang paling mendukung kelangsungan sebuah perusahaan surat kabar, karena dengan iklan perusahaan surat kabar mendapat pemasukan lebih untuk menunjangnya. Iklan adalah merupakan bagian dari bahasa Perancis Reclamare yang berarti “meneriakkan berulangulang”. Dimana iklan tersebut akan berulang-ulang memberikan informasi kepada masyarakat sehingga masyarakat akan mulai terbujuk dan merasa yakin. Sebuah iklan dapat merubah sikap seseorang menjadi konsumerisme. Bagi produsen iklan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. 12 12 Sebagai bagian dari komunikasi media, sebuah iklan tidak dapat dipisahkan dari media massa. Dimana dengan media massa, iklan dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Salah satunya, penyampaian iklan yang dilakukan dengan surat kabar. Ada beberapa faktor yang menyebabkan surat kabar menjadi media utama yang banyak digunakan dalam periklanan di Indonesia :1 1. Jangkauan distribusi dari surat kabar tidak dibatasi, 2. Jangkauan media lainnya (radio dan televisi) dibatasi, 3. Harga satuan surat kabar murah dan dapat diberi eceran. Iklan-iklan yang menggunakan media surat kabar memiliki banyak sifat, misalnya : · Iklan yang bersifat kekeluargaan (berita kematian, pernikahan, dan lain-lain) · Iklan yang bersifat bisnis (dicari, disewakan dan lain-lain) iklan ini berhubungan dengan bidang usaha dan bertujuan untuk mencari keuntungan · Iklan yang bersifat resmi (iklan yang dikeluarkan instansi-instansi penting misalnya berupa panggilan calon – calon mahasiswa, pengumuman tentang pajak, dan lainlain) Iklan sendiri sebenarnya sudah ada sejak surat kabar mulai beredar di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari iklan yang pernah dimuat dalam surat kabar Tjahaja Syang yang terbit sebulan sekali dengan 8 halaman setiap kali terbit, lalu ditambah lagi 4 halaman

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 866 not found.
    Date Deposited: 24 Jul 2013 00:51
    Last Modified: 24 Jul 2013 00:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8725

    Actions (login required)

    View Item