MEKANISME KERJA ACCOUNT EXECUTIVE DI CV. UPGRADE LINTAS MEDIA

SAPUTRA, ANGGA WIDYA (2008) MEKANISME KERJA ACCOUNT EXECUTIVE DI CV. UPGRADE LINTAS MEDIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (212Kb)

    Abstract

    Pada era globalisasi sekarang ini, peranan sebuah media menjadi begitu penting. Globalisasi memberikan peluang bagi munculnya biro-biro iklan. Biro iklan adalah suatu perusahaan yang merencanakan dan menyelenggarakan kampanye periklanan dan bertindak atas nama kliennya. Dengan demikian dewasa ini iklan menjadi hal yang begitu penting dan berperan dalam perkembangan dunia usaha. Produsen memanfaatkan iklan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang mereka miliki, menarik perhatian, serta melekatkan ingatan masyarakat pada sebuah merk. Di sisi lain, persaingan diantara biro-biro iklan juga turut meningkat. Di antara biro-biro iklan saling berlomba-lomba untuk menciptakan ide terhadap produk klien yang akan diiklankan. Mereka bersaing untuk mendapatkan simpati dari para konsumen agar mau mencoba, menggunakan dan yang terakhir setia kepada produk. CV. UPGRADE Lintas Media merupakan salah satu contoh sebuah biro iklan. UPGRADE adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa komunikasi dalam bentuk iklan. Dalam pelaksanaanya, yaitu pembuatan iklan dan pencarian klien, UPGRADE juga tidak dapat terhindarkan dari persaingan. Persaingan diantara biro-biro iklan muncul dalam hal kualitas pelayanan dan pelaksanaan penciptaan iklan. Pertumbuhan perusahaan i periklanan yang kian kompetatif, telah memotifasi pihak UPGRADE untuk tetap bertahan dalam persaingan tersebut. UPGRADE begitu memperhatikan kepuasan dari kliennya, sehingga pelayanan dan penciptaan iklan menjadi hal yang diutamakan. UPGRADE menggunakan tenaga profesional di bidangnya dalam penciptaan iklan sebagai upaya untuk memuaskan klien. Dengan demikian UPGRADE dapat bertahan dalam dunia periklanan yang penuh dengan persaingan. Hal ini terbukti dengan tetap bertahannya UPGRADE sebagai biro iklan yang perlu dipertimbangkan di kota Solo ini. Suatu perusahaan periklanan pada umunnya memiliki beberapa departemen yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Account Executive atau yang sering disebut dengan AE, dapat dikatakan merupakan suatu ujung tombak dalam sebuah agency periklanan. Hal ini dikarenakan seorang AE mempunyai peran yang sangat penting dalam mencari dan mempertahankan klien. Tanpa adanya seorang AE dalam sebuah biro iklan, maka perusahaan tidak akan mempunyai banyak klien, karena tidak ada yang bertugas mencari klien. Dengan demikian, agar suatu biro iklan dapat berjalan dengan baik, maka harus terdiri dari berbagai departemen. Seorang AE berfungsi sebagai penghubung antara perusahaan dengan klien atau orang yang beriklan, haruslah terlebih dahulu mengetahui latar belakang perusahaan klien yang akan ditanganinya, hal ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang baik apabila kita membicarakan produk klien, sehingga klien percaya terhadap perusahaan kita.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Aldhila Maharani
    Date Deposited: 24 Jul 2013 00:30
    Last Modified: 24 Jul 2013 00:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8721

    Actions (login required)

    View Item