PERAN DIVISI PRODUKSI DALAM PEMBUATAN IKLAN LUAR RUANG PT.ARESTA LINTAS MEDIA

Hanggara, Allan Nichola Galihlea Satria (2008) PERAN DIVISI PRODUKSI DALAM PEMBUATAN IKLAN LUAR RUANG PT.ARESTA LINTAS MEDIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1180Kb)

    Abstract

    Periklanan sesungguhnya sama tuanya dengan peradaban manusia dan sudah sejak lama digunakan sebagai wahana untuk mengkomunikasikan kebutuhan membeli atau menjual berbagai produk barang dan jasa. Institusi Praktisi Periklanan Inggris mendefinisikan”Periklanan merupakan pesan-pesan penjualan yang paling persuasive yang diarahkan kepada para calon pembeli yang paling potensial atas produk barang atau jasa tertentu dengan biaya yang semurahmurahnya. Misal pada zaman dahlu ketika masih banyak perdangan budak sudah menggunakan iklan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan, seperti juga stempel-stempel batu yang digunakan pada dukun zaman Romawi untuk menandai obatnya. Perkembangan dunia periklanan dewasa ini mengalami perkembangan yang sedemikian cepat, lebih cepat daripada yang terjadi pada masa-masa sebelumnya. Di lingkungan masyarakat Utara (yakni kelompok negara-negara maju) iklan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Umumnya seseorang membeli suatu produk yang mereka ketahui dari iklan, sekalipun banyak diantara mereka saling mengkritik atau mencurigai iklan. Tingkat penggunaan iklan sebenarnya akan dapat memperlihatkan sejauh mana tingkat pembangunan dan kesejahteraan dari suatu negara. Segi positif periklanan juga dapat dikemukakan melalui definisi lain yang mengatakan bahwa ”periklanan merupakan cara menjual melalui penyebaran 1 informasi” Tentu saja tidak sembarang informasi yang perlu dikemukakan dan tidak semua informasi merupakan iklan. Nama-nama terkenal seperti Ford Guinness atau Texaco sudah diketahui oleh banyak orang. Mereka tahu bahwa ketiga nama itu adalah perusahaan-perusahaan terkemuka di bidang otomotif bir dan minyak. Akan tetapi itu bukan iklan karena nama-nama tersebut sekedar mewakili sosok perusahaan. Berdasar pernyataan diatas dengan demikian periklanan itu merupakan proses komunikasi lanjutan yang membawa para khalayak ke informasi terpenting yang memang perlu mereka ketahui.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Aldhila Maharani
    Date Deposited: 24 Jul 2013 00:14
    Last Modified: 24 Jul 2013 00:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8718

    Actions (login required)

    View Item