PROSES PRODUKSI IKLAN OUTDOOR DI PT. ARESTA LINTAS MEDIA ADVERTISING YOGYAKARTA

Yuwono, Agung (2008) PROSES PRODUKSI IKLAN OUTDOOR DI PT. ARESTA LINTAS MEDIA ADVERTISING YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (145Kb)

    Abstract

    Dunia periklanan saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal ini ditandai dengan adanya peningkatan billing atau dana iklan yang dialami biro-biro iklan di Indonesia. Kemajuan dalam industri periklanan ini tidaklah berarti bila tidak diikuti dengan kemajuan skill, kemampuan sumber daya manusia dan informasi oleh insan-insan periklanan itu sendiri. Iklan merupakan media promosi yang paling bayak digunakan oleh pemilik produk dalam rangka mengenalkan produknya ke khalayak. Ia menjadi jembaan penghubung antara produsen dengan konsumen, menjadi sarana media komunikasi timbal balik di antara keduanya. Iklan kedudukannya sebagai bagian dari media promosi berusaha untuk menumbuhkan minat konsumen dengan sedemikian rupa sehingga konsumen tertarik pada produk yang ditawarkan. Di dalam penyampaiannya iklan selalu dikemas dengan berbagai cara dan media. Salah satu media pendukung sebagai upaya untuk menaikkan citra produk suatu perusahaan sehingga dapat menarik konsumen dan meningkatkan penjualan adalah Media Luar Ruang. Media Luar Ruang adalah media yang dibuat atau diproduksi untuk dipasang di luar ruangan (Outdoor). Contohnya : spanduk, umbul-umbul, letter 3D, baliho, billboard, dan lain-lain. Namun terkadang iklan hanya menampilkan logo perusahaan, dan tidak jarang pesan yang ingin disampaikan di dalam iklan tidak dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Bagaimanapun cara dan metode penyampaian pesan iklan tidak terlepas dari insan-insan professional yang berada di balik iklan tersebut. Berbagai upaya dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam upaya menghasilkan professional periklanan yang nantinya siap menghadapi dunia kerja nyata. Salah satu upaya tersebut adalah dengan adanya program praktek kuliah kerja media (KKM) yang menghadapkan mahasiswa pada dunia periklanan sesungguhnya. Sebagai syarat kelulusan mahasiswa DIII Komunikasi Terapan yang juga dapat digunakan sebagai sarana penulis dalam mencari informasi sebenarnya tentang seluk beluk dunia periklanan sesuai dengan latar belakang bidang yang diminati mahasiswa sebagai jembatan menuju dunia periklanan yang nyata, penulis melaksanakan KKM di divisi produksi PT. Aresta Lintas Media Advertising, Yogyakarta. PT. Aresta Lintas Media Advertising merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa periklanan yang ada di Indonesia. Bagaimana menghasilkan suatu iklan yang berkualitas dan diminati klien adalah tugas dan tanggung jawab perusahaan ini. Dan dengan adanya perusahaan jasa periklanan sejenis PT. Aresta Lintas Media Advertising ini akan meningkatkan iklim perdagangan dan industri Indonesia dapat yang menarik minat konsumen dalam maupun luar negeri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 866 not found.
    Date Deposited: 24 Jul 2013 00:04
    Last Modified: 24 Jul 2013 00:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8715

    Actions (login required)

    View Item