Kinerja karyawan pada departemen pekerjaan umum balai besar wilayah sungai Bengawan Solo

Nugroho, Eka Putra (2010) Kinerja karyawan pada departemen pekerjaan umum balai besar wilayah sungai Bengawan Solo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (206Kb)

    Abstract

    Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo adalah sebagai salah satu infrastruktur kota solo. Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo adalah suatu departemen yang mengelola Sungai Bengawan Solo agar dapat dimanfaatkan masyarakat kota Solo dan sekitarnya. Pemanfaatan Sungai Bengawan Solo antara lain untuk pengairan dan untuk sumber daya air bagi masyarakat kota Solo dan sekitarnya. Agar sungai Bengawan Solo dapat dimanfaatkan secara maksimal maka diperlukan juga Kinerja Karyawan yang baik dan bertanggung jawab, oleh karena itu setiap departemen dituntut untuk melakukan perbaikan kinerja secara terus menerus agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk mengetahui seberapa jauh efektifitas kinerja karyawan maka pihak manajemen dari departemen tersebut perlu mengukur dan menilai kinerja karyawan mereka. Gibson mengatakan “ Kinerja karyawan merupakan dasar kinerja organisasi “. Hal ini berarti keberhasilan organisasi tidak lepas dari perilaku individu dalam organisasi mempunyai peran penting dalam memberikan kontribusi terhadap kinerja organisasi. (Gibson, 1996:13) Sebagai salah satu departemen yang memberikan pelayanan jasa kepada masyarakat, departemen ini harus memiliki Sumber Daya Manusia yang terampil, professional dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Setiap karyawan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Hal inilah yang 3 membuat setiap karyawan memiliki karakteristik sendiri dalam pekerjaannya.Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh ciri-ciri personil individu, diantaranya adalah jabatan, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan lamanya masa kerja. (As ‘ad : 1993) Untuk karakteristik jabatan, diharapkan harus benar-benar sesuai dengan pendidikan karyawan. Pelaksanaanyapun harus berdasarkan struktur organisasi yang sudah ditetapkan. Untuk karakteristik usia produktif bias menjadi karyawan yang mempunyai kinerja yang lebih tinggi. Untuk karakteristik jenis kelamin diharapkan tidak ada perbedaan yang mencolok ataupun kesenjangan gender di dalam departemen tersebut. Untuk karakteristik masa kerja, diharapkan lamanya pengalaman kerja karyawan membuat karyawan menjadi lebih professional dan berkualitas dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya. Untuk lebih fokus pada kinerja, setiap karyawan mempunyai target dan ukuran tersendiri. Setiap tahun, nilai-nilai dari ukuran tersebut diperhitungkan sebagai indeks, kemudian dikumpulkan menjadi satu angka untuk mengukur kinerja dari departemen secara keseluruhan. Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo adalah salah satu departemen yang dikelola pemerintah yang berdiri di Indonesia. Mengingat yang dikelola departemen ini adalah sungai yang bermanfaat bagi masyarakat, maka departemen ini mengandalkan kepercayaan dari masyarakat itu sendiri, oleh karena itu selain membutuhkan tenaga yang terampil dan professional, departemen ini harus dikelola oleh Sumber Daya Manusia yang memiliki moral yang baik dan terpercaya. Kinerja yang mendasar dan daya dorong 4 profesionalisme dalam bekerja harus dibangun dan terus dikembangkan, serta menjadi bagian penting dalam mendukung departemen tersebut. Kepercayaan orang untuk memanfaatkan jasa dari departemen ini ditentukan oleh kinerja dari departemen tersebut. Dalam kapasitas ini kinerja sangat berpangaruh untuk menciptakan karakteristik sebuah departemen, serta upaya mencapai tujuan dari departemen secara keseluruhan. Atas pertimbangan tersebut diatas dan juga dikarenakan penulis telah melakukan Praktek Kerja Nyata pada BalaiBesar Wilayah Sungai Bengawan Solo maka Sumber Daya Manusia diangkat sebagai bahan pelaksanaan Tugas Akhir ini dengan judul “ Kinerja Karyawan Pada Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo “.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 23 Jul 2013 22:59
    Last Modified: 23 Jul 2013 22:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8683

    Actions (login required)

    View Item