PERANAN PANTI ASUHAN PUTRI ‘AISYIYAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK ASUH MELALUI PENINGKATAN PENDIDIKAN INFORMAL ”( Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peranan Panti Asuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Anak Asuh Melalui Peningkatan Pendidikan Informal di Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten )”

Deviana, Una (2007) PERANAN PANTI ASUHAN PUTRI ‘AISYIYAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK ASUH MELALUI PENINGKATAN PENDIDIKAN INFORMAL ”( Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peranan Panti Asuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Anak Asuh Melalui Peningkatan Pendidikan Informal di Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten )”. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (3573Kb)

    Abstract

    Una Deviana, PERANAN PANTI ASUHAN PUTRI ‘AISYIYAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK ASUH MELALUI PENINGKATAN PENDIDIKAN INFORMAL ( Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peranan Panti Asuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Anak Asuh Melalui Peningkatan Pendidikan Informal Di Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten ), Skripsi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2007. 127 halaman. Dilihat dari latar belakang bahwa anak-anak adalah aset bangsa yang tak ternilai harganya serta akan menjadi penerus perjuangan bangsa nantinya, tetapi masih banyak sekali anak-anak yang kehilangan perhatian dan kasih sayang dari keluarga yang mengalami berbagai masalah sehingga keluarga gagal memenuhi fungsi dan perannya secara memadai. Dalam hal ini, sebagai wujud konkrit usaha dan kepedulian pemerintah dalam menanggulangi masalah ini adalah berupa didirikannya lembaga sosial kesejahteraan anak yaitu Panti Asuhan. Salah satunya adalah Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah yang berfungsi sebagai pelayan alternatif yang menggantikan fungsi keluarga yang kehilangan peranannya, sehingga gangguan keluarga tersebut dapat diatasi semaksimal mungkin dan anak memiliki masa depan yang cerah. Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah sebagai lembaga pengganti keluarga dalam usahanya memberikan pelayanan pendidikan informal bagi anak asuh agar mereka dapat mandiri dalam masyarakat. Pendidikan informal sangat mempengaruhi kepribadian dan karakter anak, sebab pendidikan ini diperoleh dari kehidupan sehari-hari yang diperoleh dari pergaulan dan dari keluarga, dan hal tersebut di lakukan oleh Panti Asuhan Putri “Aisyiyah Klaten yang membentuk kepribadian dan karakter anak yang kurang atau tidak mendapatkan fungsi-fungsi keluarganya secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Panti Asuhan Putri “Aisyiyah Klaten Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Anak Asuh Melalui Peningkatan Mutu Pendidikan Informal, yang membina dan mengasuh anak-anak asuhnya dengan kasih sayang serta membentuk karakter dan kepribadian anakanak asuhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan melihat Paradigma Sosial dan khusus menggunakan Teori Aksi Sebagai bahan kajian. Pengumpulan data melalui teknik wawancara mendalam dengan bantuan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang bergerak dari reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peranan yang dilakukan Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah Klaten ternyata mempunyai pengaruh yang besar dalam meningkatkan mutu pendidikan informal anak-anak asuhnya, khususnya pengaruh pada anak asuh terlihat dalam cara bersikap terhadap sesama anak asuh, pengasuh, ataupun dengan orang lain dan cara anak asuh mengatasi masalahnya sendiri. Pengasuh adalah orang yang berperan dalam menjalankan segala peranan Panti Asuhan untuk mendidik serta mengarahkan para anak-anak asuhnya adapun peranan tersebut adalah sebagai pengajar, sebagai pembimbing, sebagai orang tua, sebagai pembantu atau penolong, sebagai penengah atau pendamai, sebagai penyangga rasa takut anak asuh, sebagai pemberi kasih sayang, sebagai tempat mengadu dan pemecah masalah atau problem anak asuh, sebagai sebagai contoh dan teladan bagi anak asuh.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Aldhila Maharani
    Date Deposited: 23 Jul 2013 22:41
    Last Modified: 23 Jul 2013 22:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8673

    Actions (login required)

    View Item