PEMBELAJARAN ANGKA DALAM PELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMA NEGERI 4 SURAKARTA

Handayani, Radite Arie (2011) PEMBELAJARAN ANGKA DALAM PELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMA NEGERI 4 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (961Kb)

    Abstract

    Tugas akhir ini bertema pembelajaran angka, karena dalam pelajaran bahasa Mandarin angka tidak hanya digunakan untuk menghitung atau penyebutan nomer. Di dalam materi pelajaran bahasa Mandarin angka juga digunakan untuk menyebut tentang waktu seperti nama hari dan bulan. Para siswa terkadang merasa sulit untuk mempelajari materi tentang waktu karena mereka sendiri belum begitu mengerti dan hafal angka dalam bahasa Mandarin. Para siswa seharusnya menguasai angka dalam bahasa Mandarin dengan baik untuk mempermudah belajar materi selanjutnya. Tujuan dari penulisan ini untuk medeskripsikan bagaimana cara penyampaian materi angka dalam proses kegiatan belajar mengajar bahasa Mandarin di SMA Negeri 4 Surakarta, dalam usaha mengenalkan angka-angka lebih banyak kepada para siswa. Materi angka dalam pelajaran bahasa Mandarin diberikan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Hal ini lebih menuntut para siswa untuk berperan aktif, sehingga mereka lebih mudah untuk menghafal. Para siswa juga diberi tugas untuk membuat kalimat langsung dengan menggunakan materi yang sudah diajarkan. Dari hasil pembelajaran selama ini disimpulkan para siswa lebih menikmati cara belajar dengan metode tanya jawab langsung. Karena mereka berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar, selain itu mereka langsung mempraktikan apa yang mereka pelajari sehingga mereka mampu menghafal angka-angka yang berhubungan dengan pelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 22:31
    Last Modified: 23 Jul 2013 22:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8667

    Actions (login required)

    View Item