REPRESENTASI PEREMPUAN KETURUNAN ARAB DALAM PEMAKAIAN KOSMETIK (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Representasi Perempuan Keturunan Arab Dalam Pemakaian Kosmetik Di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta)

SURYANINGRUM, SENJA (2008) REPRESENTASI PEREMPUAN KETURUNAN ARAB DALAM PEMAKAIAN KOSMETIK (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Representasi Perempuan Keturunan Arab Dalam Pemakaian Kosmetik Di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (511Kb)

    Abstract

    Kota Surakarta merupakan kota yang mempunyai heterogenitas penduduk yang tinggi, heterogenitas penduduk tersebut terdiri dari sosial ekonomi, kebudayaan dan etnis. Salah satu heterogenitas yang ada di Surakarta yang terasa keberadaannya yaitu heterogenitas etnis, terdapat etnis Jawa, Arab, dan Cina. Bagi etnis Arab dan Cina mereka mendiami suatu daerah tertentu atau terjadi pengelompokan etnis di daerah tertentu. Etnis Arab mendiami di daerah Kecamatan Pasar Kliwon, sedangkan etnis Cina mendiami daerah Balong, Pasar Gede. Etnis Arab yang ada di kota Surakarta mayoritas penduduknya beragama Islam. (Penelitian Warto, 1985:103-107) Keinginan untuk menjadi cantik merupakan salah satu kebutuhan dari masyarakat modern. Kecantikan merupakan salah satu kebutuhan yang bisa dikategorikan sebagai kebutuhan tersier misalnya kebutuhan kecantikan, wisata, belanja barang yang sedang menjadi tren, dan bagi manusia lambat laun akan bergeser menjadi suatu kebutuhan sekunder misalnya kebutuhan pendidikan dan kesehatan bagi sebagian masyarakat. Perkembangan budaya, trend, dan masyarakat kapitalis telah menjadikan kecantikan sebagai produk yang mereka produksi. Cantik adalah tuntutan bagi wanita pada masyarakat modern. Perempuan dilahirkan dengan fitrah yang menyukai keindahan dan kecantikan. Perempuan ingin memiliki sesuatu yang cantik dan menarik adalah sesuatu hal yang diinginkan oleh setiap perempuan, yang pasti untuk mendapatkan sesuatu yang cantik dan menarik pada salah satu bagian tubuh perempuan, perempuan sanggup menghabiskan banyak waktu dan uang sematamata ingin kelihatan cantik atau memiliki sesuatu yang menarik Perempuan tidak pernah terlepas dari hal kecantikan, kecantikan sekarang ini merupakan salah satu gaya hidup perempuan modern. Ditandai dengan menjamurnya pusat-pusat kecantikan perawatan wajah dan kulit. Tujuan adanya pusat kecantikan yaitu untuk menarik para perempuan modern agar bisa tampil lebih segar, terlihat muda, menarik dan meningkatkan rasa percaya diri. Perempuan modern sebagai salah satu masyarakat konsumen Indonesia tampaknya tumbuh beriringan dengan globalisasi ekonomi dan transformasi kapitalisme konsumsi yang ditandai dengan menjamurnya pusat perbelanjaan bergaya semacam shopping mall, industri mode dan industri kecantikan yang menghasilkan produk kosmetik. Sehingga kosmetik bagi perempuan modern merupakan gaya hidup yang sudah masuk sampai ke ruang-ruang yang paling pribadi. Kosmetik bagi perempuan modern digunakan sebagi penunjang penampilan mereka baik digunakan untuk penunjang dalam berkarier ataupun hanya untuk mempercantik diri sendiri. Bagi perempuan tidak hanya sekedar memakai kosmetik saja, namun juga harus mengetahui prinsip dasar manfaat kosmetik itu sendiri, yaitu : 1. Untuk menghilangkan kotoran kulit. 2. Mempercantik dengan pewarnaan kulit sesuai yang diinginkan. 3. Mempertahankan komposisi cairan kulit. 4. Memperlambat timbulnya kerutan. (www.astaga.manfaat kosmetik.com)

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Aldhila Maharani
    Date Deposited: 23 Jul 2013 22:10
    Last Modified: 23 Jul 2013 22:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8655

    Actions (login required)

    View Item