CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PMI KOTA SURAKARTA

Wulandari, Umi (2011) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PMI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (483Kb)

    Abstract

    Public Relations (PR) atau Hubungan Masyarakat (humas) sebenarnya sudah dikenal dan dipraktikan orang berabad-abad yang lalu. Frank Jefkins (1992), menyebutkan bahwa kitab-kitab suci agama-agama besar di dunia mengandung suatu bentuk humas. Dalam perkembangannnya, humas memiliki definisi dan interpretasi, salah satunya menurut Cutlip-Center- Broom mendefinisikan humas sebagai “the planned effort to influence opinion through good character and responsible performance, based on mutually satisfactory two way communications” (usaha terencana untuk mempengaruhi pandangan melalui karakter yang baik serta tindakan yang bertanggung jawab, didasarkan atas komunikasi dua arah yang saling memuaskan). Saat ini, tidak ada organisasi yang tidak membutuhkan humas. Humas adalah suatu bentuk komunikasi yang berlaku terhadap semua jenis organisasi, baik yang bersifat komersil atau bertujuan mencari keuntungan (profit) maupun perusahaan nonkomersil yang tidak mencari keuntungan. Tidak peduli organisasi itu berada di sektor pemerintah maupun sektor swasta. Dewasa ini perkembangan dunia usaha tidak bisa dipisahkan dengan lingkungan eksternalnya, sehingga hal ini menjadi perhatian semua kalangan terutama bagi Public Relations Officer dalam kegiatannya. Menyikapi kondisi tersebut muncul berbagai perencanaan yang berkaitan dengan pengelolaan usaha itu sendiri, terutama berkaitan dengan tanggung jawab yang harus diemban oleh suatu perusahaan. Salah satu wacana yang muncul adalah pengertian tentang tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility), adalah sebuah komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomis, sosial dan lingkungan. Corporate Social Responsibility dikemas sebagai kegiatan sosial dalam upaya membantu masyarakat disekitar wilayah operasional perusahaan. Hal ini, tentunya berdampak positif bagi kedua belah pihak. Masyarakat sebagai pihak yang menerima program CSR merasa nyaman dengan adanya program CSR tersebut, sementara bagi perusahaan CSR selain sebagai upaya memberikan kontribusi terhadap masyarakat sekitarnya, juga merupakan bentuk investasi jangka panjang dalam hal membentuk citra positif perusahaan. Terlebih semenjak Pemerintah menngamandemen Undang-Undang Nomor. 40 Pasal 1(3) Tahun 2007 Perseroan Terbatas yang mengatur mngenai

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 831 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 21:21
    Last Modified: 23 Jul 2013 21:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8629

    Actions (login required)

    View Item