PARTISIPASI PELAJAR SMA NEGERI 7 SURAKARTA DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN HIV/AIDS

ISNAINI, RAHMAWATI (2008) PARTISIPASI PELAJAR SMA NEGERI 7 SURAKARTA DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN HIV/AIDS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1002Kb)

    Abstract

    Rahmawati Isnaini. D 0303050. PARTISIPASI PELAJAR SMA N 7 SURAKARTA DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN HIV/AIDS. Skripsi. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2008 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman pelajar tentang virus HIV/AIDS. Selain itu juga dapat diketahui partisipasi dan tindakan yang dilakukan oleh pelajar dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS . Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling, dimana penulis mengambil informan dengan beberapa kategori/criteria yang antara lain pelajar yang berpartisipasi dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS berjumlah 7 orang serta guru dan kepala sekolah sebagai informan pendukung yang berjumlah 3 orang. 46 Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengandalkan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa para pelajar secara umum mengerti apa itu yang dimaksud dengan HIV/AIDS dan gejala-gejala yang ditimbulkan serta bagaimana cara pencegahannya. Pelajar tersebut mengetahui semua itu dari berbagai sumber bisa dari internet, buku yang ada maupun dari media massa yang sekarang ini banyak memuat masalah HIV/AIDS kemudian mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif di sekolah mereka dengan mengajak teman-teman mereka. Kegiatan itu merupakan partisipasi bebas. Untuk bentuk dari partisipasi spontan, Para siswa secara spontan dari keyakinan tanpa adanya pengaruh yang diterima dari penyuluhan dan sosialisasi dari organisasi, lembaga masyarakat, maupun dari pemerintah untuk mengadakan kegiatan atau suatu program yang bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi bahaya HIV/AIDS tersebut. Sedangkan partisipasi terinduksi Para siswa berpartisipasi setelah adanya penyuluhan dari pemerintah dalam hal ini pihak sekolah bekerja sama dengan pemerintah kota, lembaga masyarakat yang menaruh perhatian pada kasus HIV/AIDS. Ataupun dari individu yang peduli terhadap kelangsungan generasi muda pada jaman sekarang ini. Ketika berbicara mengenai HIV/AIDS di Indonesia, artinya kita berbicara mengenai problematika remaja. Kita ketahui bahwa setengah dari kasus total HIV/AIDS berada pada golongan umur remaja. Tentunya kasus-kasus ini sangat rentan terjadi pada perilaku penyalahgunaan jarum suntik dan perilaku seksual yang tidak aman. Banyak remaja yang belum mendapatkan informasi yang jelas dan benar mengenai kesehatan reproduksinya. Oleh karenanya, peran remaja sendiri dalam hal ini sangatlah penting. Ada beberapa peran yang harus dilakukan oleh remaja dalam menyikapi permasalahan ini, yaitu partisipasi dan keterlibatan penuh remaja dalam setiap program yang berdampak pada remaja. Selama ini remaja selalu dijadikan objek dari program, tanpa tahu apa sebenarnya kebutuhan remaja itu sendiri. Remaja sepatutnya berperan menjadi subjek pengelolaan program, dari mulai perencanaan hingga monitoring dan evaluasi serta pengembangan program itu sendiri. Kedua, remaja berperan sebagai pendidik bagi teman sebayanya, senantiasa remaja harus dapat memberikan informasi dan pendidikan yang benar, jelas dan youth friendly bagi teman-teman sebayanya. Kepada siapa lagi remaja akan lebih terbuka selain pada teman sebayanya. Ketiga, remaja dapat menjadi mitra sejajar dengan orang dewasa dalam kaitannya dengan pengembangan dan pemberdayaan remaja sendiri. Dalam hal ini, keterlibatan orang dewasa dalam memberikan kepercayaan dan pengawasan positif sangat diperlukan. Kepentingan bermitra ini tidak hanya diartikan sebagai kemitraan dengan pemegang kebijakan program saja, melainkan dengan media, stakeholders dan bahkan dengan remaja itu sendiri.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Aldhila Maharani
    Date Deposited: 23 Jul 2013 21:24
    Last Modified: 23 Jul 2013 21:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8628

    Actions (login required)

    View Item