KERJA SAMA PUBLIC RELATION DAN MARKETING DALAM MENGHASILKAN INOVASI BARU UNTUK MENINGKATKAN REVENUE GRAND QUALITY HOTEL YOGYAKARTA

Wibowo, Rahardiyanto Ari (2009) KERJA SAMA PUBLIC RELATION DAN MARKETING DALAM MENGHASILKAN INOVASI BARU UNTUK MENINGKATKAN REVENUE GRAND QUALITY HOTEL YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (258Kb)

    Abstract

    Eksistensi sebuah perusahaan sangat bergantung bagaimana perusahaan itu mampu bersaing dan mampu menghadirkan inovasi produk baru sesuai kemajuan zaman. Kegiatan PR dan Marketing dilaksakan untuk mencapai suatu tujuan yang mendukung eksistensi perusahaan tersebut, maka dari itu kegiatan kerja sama antara PR dan Marketing dimulai dari pemilihan inovasi produk, tempat, harga, dan promosi. Promosi sangat penting bagi PR dan marketing karena mampu mengkomunikasikan apa yang ingin disampaikan perusahaan kepada konsumen. Sehingga dari promosi tersebut dapat mewujudkan perilaku membeli dari konsumen. Dan dari promosi itu pula pembeli dapat menjadi pelanggan yang loyal terhadap inovasi produk perusahaan. PR dan Marketing memiliki hubungan yang sangat erat dimana keduanya terpisah tetapi memiliki fungsi dan tujuan yang hampir sama. PR memilki peranan dalam mendukung kegiatan marketing (MPR), dengan upaya memberikan kualitas pelayanan prima yaitu pengembangan kegiatan Public Relation dalam berkomunikasi tentang inovasi produk baru yang akan diluncurkan dan pelayanan apa saja yang dapat diberikan oleh perusahaan untuk konsumen. PR juga memiliki peran untuk menyampaikan informasi dari perusahaan kepada konsumennya. Dan untuk mencapai target atau sasaran itu, perusahaan menggunakan PR dan marketing untuk mempromosikan inovasi produk barunya tersebut. 2 Grand Quality Hotel Yogyakarta juga menggunakan jasa PR untuk mendukung kegiatan marketing dalam mempromosikan produk hotel. Promosi tersebut berupa iklan di berbagai media massa, baik media cetak maupun media elektronik. Kemudian yang terakhir dengan mempubikasikan event dan inovasi produk baru yang dikeluarkan hotel melalui press release. Promosi yang telah dilakukan PR dan marketing melalui langkah – langkah tersebut mampu mendukung perusahaan untuk meningkatkan revenue penjualan, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Alasan penulis memilih melakukan Kuliah Kerja Media di Grand Quality Hotel Yogyakarta, dikarenakan di hotel tersebut hanya memiliki PR tunggal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 23 Jul 2013 21:01
    Last Modified: 23 Jul 2013 21:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8609

    Actions (login required)

    View Item