POLA PIKIR DAN TINDAKAN MAHASISWI SOLO PENGGUNA PRODUK SKIN CARE LARISSA

Pertiwi, Putri (2007) POLA PIKIR DAN TINDAKAN MAHASISWI SOLO PENGGUNA PRODUK SKIN CARE LARISSA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1097Kb)

    Abstract

    Putri Pertiwi, D.0304064, 2007, “Pola Pikir dan Tindakan Mahasiswi Solo Pengguna Produk Skin Care Larissa”, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Produk skin care yang ditawarkan berbagai klinik-klinik kecantikan, yang diiklankan di media massa maupun langsung kepada konsumen menunjukkan bahwa keinginan untuk memiliki kulit putih, bersih, mulus seperti masyarakat barat merupakan fenomena masyarakat Indonesia khususnya remaja perempuan (mahasiswi). Kecenderungan pemakaian produk-produk skin care Larissa oleh mahasiswi Solo berkaitan erat dengan persepsi diri. Sebagian besar konsumen merasa tidak puas atau tidak percaya diri dengan penampilannya. Karena itu, produk-produk skin care Larissa menjadi salah satu usaha untuk menambah kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengetahuan mahasiswi Solo mengenai pemakaian produk-produk skin care Larissa, mengetahui bagaimanakah sikap mahasiswi Solo mengenai pemakaian produk-produk skin care Larissa, dan untuk mengetahui bagaimanakah tindakan mahasiswi Solo mengenai pemakaian produk-produk skin care Larissa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam menggali data-data dari lapangan, yaitu melalui teknik wawancara mendalam, observasi langsung, serta data primer yang didapat dari hasil wawancara. Untuk menguji validitas data digunakan trianggulasi data yaitu merupakan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu. Trianggulasi mencerminkan suatu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai fenomena yang sedang diteliti. Pengambilan sampel penelitian ini adalah melalui purposive sampling yaitu pemilihan secara sengaja dengan maksud menemukan apa yang sesuai dengan tujuan penelitian dan jumlah sampel yaitu delapan orang mahasiswa yang memakai produk skin care Larissa di kota Solo. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa para mahasiswi memiliki pengetahuan yang cukup mengenai produk skin care Larissa yang didapat dari teman, keluarga, dan dari brosur. Dari pengetahuan tersebut mahasiswi memiliki sikap yaitu kecenderungan untuk merespon positif pemakaian produk skin care Larissa yang akan membentuk tindakan mahasiswi dalam memakai produk skin care Larissa yang terlihat dari alasan pemakaian dan frekuensi pemakaian produk skin care Larissa yang cukup tinggi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Aldhila Maharani
    Date Deposited: 23 Jul 2013 20:51
    Last Modified: 23 Jul 2013 20:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8604

    Actions (login required)

    View Item