DISTRIBUTION STORE DAN PERILAKU KONSUMTIF REMAJA ( Studi Deskriptif Kualitatif tentang Fenomena Distribution Store (Distro) dan Perilaku Konsumtif di kalangan pelajar di SMA Negeri 4 Surakarta )

HARTANTRIE, NOVITA AYU (2008) DISTRIBUTION STORE DAN PERILAKU KONSUMTIF REMAJA ( Studi Deskriptif Kualitatif tentang Fenomena Distribution Store (Distro) dan Perilaku Konsumtif di kalangan pelajar di SMA Negeri 4 Surakarta ). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (3306Kb)

    Abstract

    NOVITA AYU HARTANTRIE, DO3O4OO9, DISTRIBUTION STORE DAN PERILAKU KONSUMTIF REMAJA (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Fenomena Distribution Store (Distro) dan Perilaku Konsumtif di kalangan pelajar di SMA Negeri 4 Surakarta), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pasar Distro umumnya seputar fashion dan pernak pernik kaum muda, dikarenakan produksinya yang tidak terlalu banyak, produk keluaran Distro ini malah terlihat eksklusif dan unik. Remaja merupakan masa – masa yang masih terbilang kurang stabil dan bersifat dinamis, terutama masih dalam tahap pencarian akan sebuah identitas diri dengan tuntutan berbagai kebutuhan dan cenderung berlaku konsumtif. Oleh karena itu tidaklah mengherankan kalau berbagai produk yang ditawarkan dari sebuah distro lebih ditujukan untuk kalangan remaja. Hal ini didukung dengan konsep distro secara keseluruhan yang sangat identik dengan jiwa anak muda khususnya remaja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa mengenai gaya hidup dan perilaku konsumtif di kalangan pelajar dalam masyarakat dan untuk mengkaji secara mendalam penyebab mengapa para remaja khususnya para pelajar memilih produk yang di jual di distro sebagai sarana untuk merealisasikan perilaku konsumtif mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kualitatif dalam menggali data-data dari lapangan, yaitu melalui teknik wawancara mendalam, observasi langsung, serta data primer yang didapat dari hasil wawancara. Untuk menguji validitas data digunakan trianggulasi data. Trianggulasi mencerminkan suatu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai fenomena yang sedang diteliti. Pengambilan sample penelitian ini adalah melalui purposive sampling yaitu pemilihan secara sengaja dengan maksud menemukan apa yang sesuai dengan tujuan penelitian dan jumlah sample yaitu enam orang pelajar SMA Negeri 4 yang memilih distro sebagai tempat berbelanja. Dari serangkaian data yang diperoleh di lapangan kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa kehadiran distro sebagai salah satu tempat mengaktualisasikan diri dalam berkonsumsi, merupakan fenomena baru yang bermunculan di kota-kota di Indonesia (termasuk Surakarta). Kehadiran tempat perbelanjaan seperti distro di Surakarta, memiliki arti, peran, fungsi tersendiri bagi para remaja, khususnya pelajar. Peran penting distro yang paling utama adalah distro sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas konsumsi seperti berbelanja, jalan-jalan maupun bersosialisasi. Bagi para informan dalam penelitian ini, kehadiran sebuah distro tetap merupakan suatu kebutuhan tersendiri. Oleh karena itu, nampaknya eksistensi distro sebagai salah satu tempat perbelanjaan di Surakarta, yang berperan sebagai tempat masyarakat konsumer Surakarta (termasuk informan dalam penelitian ini) untuk mencari dan memenuhi apa yang mereka perlukan, akan tetap eksis dan terus berlangsung.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Aldhila Maharani
    Date Deposited: 23 Jul 2013 20:35
    Last Modified: 23 Jul 2013 20:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8597

    Actions (login required)

    View Item