PEMILIHAN METODE CERAMAH, DRILL, DAN GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA CHINA DI KELAS X SMA N 1 KARANGANYAR

Karmilah, Danik (2008) PEMILIHAN METODE CERAMAH, DRILL, DAN GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA CHINA DI KELAS X SMA N 1 KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (290Kb)

    Abstract

    Danik Karmilah. 2008. Pemilihan Metode Ceramah, Drill dan Game dalam Pembelajaran Bahasa China di SMA N 1 Karanganyar. Program Diploma III Bahasa China. Fakultas Sastra dan Seni Rupa. UNS. Penelitian ini berangkat dari latar belakang permasalahan : Apakah pemilihan metode ceramah, drill, dan game mampu meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa China di SMA N I Karanganyar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan Kegiatan Belajar dan mengajar bahasa China dengan menggunakan metode ceramah, drill, dan game. Metode Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, studi pustaka, dan wawancara. Kegiatan Belajar Mengajar bahasa China di SMA N I Karanganyar menggunakan penggabungan metode ceramah, drill, dan game. Metode ceramah yaitu suatu cara mengajar dengan menyajikan materi melalui penuturan dan penerangan lisan guru kepada siswa. Metode ceramah bertujuan untuk memberikan pengarahan, petunjuk diawal pembelajaran. Metode latihan (drill) yaitu suatu metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih melakukan suatu ketrampilan tertentu berdasarkan penjelasan dan petunjuk guru. Metode permainan (game) yaitu suatu cara penyajian bahan pelajaran melalui berbagai bentuk permainan. Pada proses belajar mengajar bahasa China menggunakan metode ceramah pada saat menyampaikan materi pokok pelajaran dan pada saat membaca kosakata bahasa China dengan nada yang tepat. Metode drill digunakan terutama pada pelajaran pelafalan. Metode game peneliti gunakan untuk menarik perhatian siswa dalam pelajaran bahasa China. Pemilihan metode cermah, latiahan (driil), dan permainan (game) dapat dijadikan contoh penggabungan metode pengajaran. Keberhasilan penggabungan metode pengajaran tersebut antara lain ditinjau dari prosesnya para siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap pelajaran bahasa China. Ditinjau dari hasil secara lisan dan tulisan para siswa memperoleh hasil yang ckup baik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 23 Jul 2013 19:17
    Last Modified: 23 Jul 2013 19:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8567

    Actions (login required)

    View Item