PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN PECAHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri I Mlese Cawas, Klaten Tahun Ajaran 2010/2011)

WARSITO, (2011) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN PECAHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri I Mlese Cawas, Klaten Tahun Ajaran 2010/2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (975Kb)

    Abstract

    WARSITO. X1808 087. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membandingkan Pecahan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri I Mlese Cawas, Klaten Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Meningkatkan kemampuan membandingkan pecahan melalui penerapan pendekatan matematika realistik (2) Meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri I Mlese Cawas, Klaten. Bentuk penelitian adalah penelitaian tindakan kelas 2 siklus, 1 siklus 3 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Mlese Cawas, Klaten Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis model triangulasi (Lexy J. Moleong, 2002: 1978). Kegiatan pokok analisis model ini meliputi antara lain (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) Menarik kesimpulan atau verikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan membandingkan pecahan pada siswa kelas III SD Negeri I Mlese Cawas, Klaten tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini dapat ditunjukkan dengan (1) Nilai rata-rata prestasi belajar matematika pada kompentensi dasar membandingkan pecahan siswa kelas III SD Negeri I Mlese pada siklus I sebesar 65,0 dan pada siklus II sebasar 79,6 sehingga terdapat kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. (2) Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa 80% siswa tuntas belajarnya (8 siswa tuntas dari jumlah seluruh peserta 10 anak). Pada siklus II semua siswa tuntas dalam belajarnya, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 100% (10 siswa tuntas dari jumlah seluruh peserta 10 siswa). Pendekatan matematika realistik mengenal matematisasi horisontal dan matematisasi vertikal. Pemecahan masalah dalam matematisasi horisontal dengan bantuan konteks, sedang matematisasi vertikal pemecahan masalah diselesaikan secara matematika formal. Saat siswa memecahkan masalah secara matematika formal siswa mengalami kesulitan, karena tanpa bantuan kontek, namun pada akhirnya siswa dapat mengatasi hambatan-hambatan tersebut, sehingga menunjukkan peningkatan hasil belajarnya. Terbukti bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan membandingkan pecahan pada siswa kelas III SD Negeri I Mlese Cawas, Klaten tahun ajaran 2010/2011.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 23 Jul 2013 15:10
    Last Modified: 23 Jul 2013 15:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8523

    Actions (login required)

    View Item