STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENDUKUNG PEMASARAN DI LPK ALFABANK SURAKARTA TAHUN 2010-2011

ASTUTI, UMI (2011) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENDUKUNG PEMASARAN DI LPK ALFABANK SURAKARTA TAHUN 2010-2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (737Kb)

    Abstract

    Umi Astuti. STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENDUKUNG PEMASARAN DI LPK ALFABANK SURAKARTA TAHUN 2010-2011. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2011. Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui strategi Public Relations dalam mendukung Pemasaran di Lembaga Pendidikan dan Keterampilan Alfabank Surakarta tahun 2010-2011, (2) Untuk mengetahui Tanggapan Konsumen di Lembaga Pendidikan dan Keterampilan Alfabank Surakarta terhadap Strategi Public Relations yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan bentuk Kualitatif dengan metode deskriptif dan strategi tunggal terpancang. Sumber data terdiri dari informan, tempat dan peristiwa, dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive snow ball sampling. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Strategi Public Relations melalui proses perumusan strategi marketing public relations di LPK Alfabank, yang terdiri atas mengidentifikasi permasalahan, identifikasi unit sasaran, mengevaluasi kadar sikap publik sasaran, mengidentifikasi struktur kekuasaan unit sasaran, pemilihan unsur taktikal strategi Public Relations, mengidentifikasi perubahan kebijakan, menjabarkan strategi tersebut. Sedangkan penerapan strategi marketing public relations berupa presentasi ke sekolah, mensponsori event, press release, menjalin kerjasama, pelayanan prima, spanduk, brosur, kenang-kenangan sekolah, kartu nama, diklat khusus, inovasi jasa, kompetisi LPK, bakti sosial, serta CD company profil. (2)Tanggapan konsumen di LPK Alfabank Surakarta terhadap strategi Public Relations yang dilakukan dapat disimpulkan antara lain mampu: membangun kepercayaan atau keyakinan publik, menarik perhatian publik sasaran, memotivasi dan meningkatkan antusiasme publik sasaran, serta menumbuhkan kesadaranuserakan kegunaan jasa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 15:06
    Last Modified: 23 Jul 2013 15:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8522

    Actions (login required)

    View Item