ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN BAURAN PROMOSI DENGAN PERILAKU PELANGGAN SURAT KABAR SOLO POS DI WILAYAH KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA

HIDAYAH, ROHMA (2010) ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN BAURAN PROMOSI DENGAN PERILAKU PELANGGAN SURAT KABAR SOLO POS DI WILAYAH KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (866Kb)

    Abstract

    Perusahaan Solo Pos dalam meningkatkan pelanggan dipengaruhi oleh atribut produk dan bauran promosi, yang perlu diperhatikan adalah penampilan merek atau simbol yang dapat dibaca dan diingat serta menawarkan informasi terkini mengenai situasi politik, ekonomi, hukum, dan hiburan. Selain atribut di atas, perusahaan juga perlu memperhatikan bagaimana cara mempromosikan produk tersebut, dan hal ini bisa dilakukan perusahaan melalui media periklanan, promosi penjualan dan rekomendasi personal dari mulut ke mulut. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pengaruh atribut produk dan bauran promosi terhadap perilaku pelanggan surat kabar Solo Pos di wilayah Kecamatan Laweyan Kota Surakarta; 2) Untuk mengetahui atribut produk dan bauran promosi manakah yang paling berpengaruh terhadap perilaku berlangganan surat kabar Solo Pos di wilayah Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Hipotesis yang diajukan adalah : 1) Diduga atribut produk (merek, desain) dan bauran promosi (periklanan, promosi penjualan dan rekomendasi dari mulut ke mulut) mempunyai pengaruh terhadap perilaku pelanggan surat kabar Solo Pos di wilayah Kecamatan Laweyan Kota Surakarta; 2) Diduga atribut produk pada desain mempunyai pengaruh paling dominan terhadap perilaku berlangganan surat kabar Solo Pos di wilayah Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan mengumpulkan informasi dari responden dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah terstruktur sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berlangganan harian Solo Pos di wilayah Kecamatan Laweyan Kota Surakarta yang berjumlah ±5.500 orang/bulan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 pelanggan, dengan metode pengambilan sampel dengan purposive random sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah: analisis regresi multiple, uji t, uji F, dan R 2 . Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan: 1) Terdapat pengaruh secara parsial antara merk, desain, periklanan, promosi penjualan, rekomendasi dari mulut ke mulut terhadap perilaku pelanggan surat kabar Solo Pos di wilayah Kecamatan Laweyan Kota Surakarta; 2) Terdapat pengaruh secara simultan antara merk, desain, periklanan, promosi penjualan, rekomendasi dari mulut ke mulut terhadap perilaku pelanggan surat kabar Solo Pos di wilayah Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Oleh karena desain mempunyai pengaruh yang kuat dalam mempengaruhi perilaku pelanggan dalam berlangganan,maka perusahaan sebaiknya lebih menekankan variabel desain yang semenarik mungkin sehingga konsumen akan lebih loyal terhadap surat kabar Solo Pos dengan cara menambah ilustrasi-ilustrasi, memperjelas cetakan dan lain-lain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 14:40
    Last Modified: 23 Jul 2013 14:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8513

    Actions (login required)

    View Item