MANAJEMEN KEARSIPAN AKTA CATATAN SIPIL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA

SEFGIYATMOKO, IWAN (2011) MANAJEMEN KEARSIPAN AKTA CATATAN SIPIL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (928Kb)

    Abstract

    IWAN SEFGIYATMOKO, D1508041 MANAJEMEN KEARSIPAN AKTA CATATAN SIPIL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA, Tugas akhir program studi Diploma III Manajemen Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, Tahun 2011 Arsip akta catatan sipil mempunyai fungsi yang sangat penting dalam pelayanan penerbitan akta catatan sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dengan demikian manajemen kearsipan di dalam organisasi tersebut harus dilaksanakan secara baik dan benar untuk menunjang efektifitas pengelolaan sehingga informasi yang terdapat dalam arsip akta catatan sipil senantiasa dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan penerbitan akta catatan sipil, dikarenakan arsip akta catatan sipil bersifat abadi maka perlu dikelola dengan penuh tanggung jawab sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Pengamatan ini bertujuan mengetahui seberapa jauh pengelolaan arsip akta catatan sipil yang di laksanakan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dari mulai pencatatan yang dilaksanakan oleh sub bagian pencatatan sipil sampai dengan penemuan kembali arsip sebagai dasar penerbitan akta catatan sipil yang dilakukan sub bagian dokumentasi, lokasi pengamatan merupakan instansi publik yang bergerak di dalam pelayanan penerbitan akta catatan sipil sehingga arsip berpengaruh besar dalam pelaksanaan penerbitan akta catatan sipil. Metode yang digunakan didalam pengamatan ini menggunakan deskriptif kualitatif sehingga masalah yang disampaikan berdasarkan dari sumber data yang dapat dipertanggung jawabkan dan berdasarkan kenyataan yang ada, adapun sumber data menurut HB. Sutopo (2002: 49-54) secara menyeluruh dapat dikelompokan sebagai berikut Narasumber ( informan ), Peristiwa dan aktivitas, Dokumen dan arsip. Dari pengamatan ini dapat diketahui bahwa arsip yang dikelola di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta terdiri arsip berkas dan arsip register dan di bedakan menjadi lima berdasarkan dari akta catatan sipil yang ada, kelima akta catatan sipil tersebut sebagai berikut : (1) Akta catatan sipil kelahiran (2) Akta catatan sipil perkawinan (3) Akta catatan sipil Perceraian (4) Akta catatan sipil kematian (5) Akta catatan sipil pengakuan dan pengesahan anak. Pengorganisasian arsip akta catatan sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta menggunakan asas sentralisasi sehingga dalam penyimpanan dilakukan secara terpusat di dalam satu ruangan, dalam pengelolaan sebagian besar telah di laksanakan dengan baik namun belum dapat dikatakan optimal dikarenakan masih ditemui hambatan-hambatan yang dapat mempengaruhi kurang efektif dan efisien dalam pelaksanaan manajemen kearsipan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 23 Jul 2013 14:40
    Last Modified: 23 Jul 2013 14:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8511

    Actions (login required)

    View Item