PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG (PTK Pada Siswa Kelas VI SD Negeri IV Barenglor Klaten Utara, Klaten Tahun Ajaran 2010 / 2011)

UTAMI, SRI (2011) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG (PTK Pada Siswa Kelas VI SD Negeri IV Barenglor Klaten Utara, Klaten Tahun Ajaran 2010 / 2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (912Kb)

    Abstract

    Sri Utami. PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG( Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 4 Barenglor Klaten Utara, Klaten Tahun Ajaran 2010 / 2011) , Skripsi : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta Januari 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk : Meningkatkan Keterampilan siswa dalam menghitung volume bangun ruang dengan menggunaan media visual nyata dalam pembelajaran matematika, Mengembangkan proses pembelajaran matematika yang interatif, inovatif, dan menyenangkan ,Meningkatkan hasil prestasi belajar matematika pada siswa kelas VI SD Negeri 4 Barenglor Klaten Utara Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Konstektual. Populasi adalah siswa kelas VI SD Negeri 4 Barenglor Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2010 / 2011 Dengan jumlah siswa 28 anak. Teknik pengumpulan data dengan tes ( pretes ) untuk variabel prestasi belajar matematika, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan media visual nyata dapat meningkatkan keterampilan menghitung volume bangun ruang dan meningkatkan hasil prestasi belajar matematika pada siswa kelas VI SD Negeri 4 Barenglor Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten. Berdasarkan penelitian dapat disarankan agar para guru dalam pembelajaran matematika khususnya menghitung volume bangun ruang menggunakan media visual nyata agar para siswa dalam belajar matematika aktif, kreatif menyenangkan, terampil menghitung volume bangun ruang dan meningkat prestasi belajar Matematika.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 14:10
    Last Modified: 23 Jul 2013 14:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8499

    Actions (login required)

    View Item