KOMPETENSI GURU PKn BERSERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010

WARDANI, KARTIKA SARI NURI (2011) KOMPETENSI GURU PKn BERSERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (556Kb)

    Abstract

    Kartika Sari Nuri Wardani. KOMPETENSI GURU PKn BERSERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010, Skripsi. Surakarta: Mei 2011. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan kompetensi guru PKn bersertifikasi di SMP Negeri Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar. (2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru PKn bersertifikasi dalam penerapan kompetensi guru. (3) Untuk mengetahui upaya- upaya yang dilakukan guru PKn bersertifikasi dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus tunggal terpancang dalam arti lokasi yang diteliti adalah SMP Negeri di Kecamatan Karanganyar. Sumber data yang digunakan berupa informan, dokumen dan arsip, serta tempat dan peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian adalah dengan teknik pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk memperoleh validitas data dalam penelitian ini digunakan trianggulasi data serta informan review. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis data model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kompetensi guru PKn bersertifikasi di SMP Negeri Kecamatan Karanganyar melalui penerapan kompetensi profesional dengan menguasai materi, konsep dan pola pikir keilmuan; menguasai standar kompetensi dan komptensi dasar; mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif; mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif; memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kompetensi kepribadian dilaksanakan melalui bertindak sesuai dengan norma; menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik; menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil dewasa, arif dan berwibawa; menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru. Pelaksanaan kompetensi pedagogik melalui penguasaan karakteristik peserta didik; menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik; memanfaatkan TIK; memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik; berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik; menyelenggarakan penilaian untuk kepentingan pembelajaran; melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Sedangkan kompetensi sosial diterapkan dengan bersikap inklusif; bertindak objektif serta tidak diskriminatif; berkomunikasi dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat; berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri. Guru PKn bersertifikasi di SMP N di Kecamatan Karanganyar telah dapat menerapkan kompetensi yang guru dengan baik. (2) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PKn bersertifikasi dalam upaya menerapkan kompetensi guru antara lain: (a) Kendala yang dihadapi dalam penerapan kompetensi profesional yaitu kurangnya alat media pembelajaran atau pengadaan sarana dan prasarana sekolah masih kurang, tidak semua guru dapat mengikuti perkembangan IPTEK dengan cepat. (b) Kendala yang dihadapi dalam penerapan kompetensi pedagogik yaitu: masih terbatasnya guru dalam penguasaan TIK (Teknis Informatika dan Komunikasi), sarana media pembelajaran yang masih terbatas disekolah khususnya yang berkaitan dengan TIK, adanya pemahaman yang keliru dari siswa dan orang tua siswa bahwa mata pelajaran yang tidak UAN tidak penting. (3) Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PKn bersertifikasi dalam upaya meningkatkan keberhasilan belajar siswa melalui: mengadakan remidi, penugasan baik individu maupun kelompok, melakukan bimbingan dan pendekatan kepada siswa, peran guru sebagai penunjuk jalan kepada nara sumber.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 13:50
    Last Modified: 23 Jul 2013 13:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8492

    Actions (login required)

    View Item