HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO

Andri Ardana, Irwan (2011) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1204Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat telah memunculkan persaingan dalam masyarakat. Kualitas sumber daya manusia (SDM) harus diperhatikan agar individu tetap dapat bertahan dalam menghadapi perubahan hidup. Pendidikan sebagai salah satu penentu kulaitas SDM tentunya harus ditingkatkan, terlebih dengan adanya kondisi pendidikan di Indonesia yang masih memprihatinkan karena hanya mengejar standar kualifikasi siswa tanpa mempertimbangkan aspek psikologis siswa. Akibatnya, pencapaian prestai belajar siswa kurang memuaskan. Untuk mengatasi masalah tersebut, siswa perlu memiliki kecerdasan emosi dan motivasi berprestasi agar mampu mencapai prestasi belajar yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo dengan sampel penelitian berjumlah 76 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala motivasi berprestasi, sedangkan prestasi belajar diambil dari nilai rapor. Analisis data yang digunakan dengan teknik regresi dua prediktor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo dengan nilai Ry(1,2) sebesar 0,752, Freg 47,613 > F tabel 2,02 dengan p- value 0,000<0,05. Hal ini berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosi dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo. Nilai R2 (R Square) sebesar 0,566. artinya bahwa dalam penelitian ini kecerdasan emosi dan motivasi berprestasi secara bersama-sama memberi sumbangan efektif sebesar 56,6% terhadap prestasi belajar. Kata kunci : kecerdasan emosi (EQ), motivasi berprestasi, dan prestasi belajar. ABSTRACT Today the development of science and technology has led to increasingly rapid competition in the community. Quality of human resources should be noted that individuals can still survive in the face of life changes. Education as one determinant of human resource quality course should be increased, especially following the state of education in Indonesia is still alarming because only students pursuing qualifications standards without considering the psychological aspects of education, physical education and sociology of education itself. As a result, the academic achievement of student less satisfactory. To overcome these problems, students need to have emotional intelligence, and need for achivement to be able to reach high academic achievement. The purpose of this study is to investigate the relationship between emotional intelligence and achievement motivation and academic achievement in high school students in School 1 Sukoharjo. The hypothesis is that there is a significant correlation between emotional intelligence and achievement motivation and academic achievement in high school students in School 1 Sukoharjo. The population was SMA Negeri 1 Sukoharjo students with research samples totaling 76 students taken with cluster random sampling technique. Collecting data using a scale of emotional intelligence and achievement motivation scale, while academic achievement is taken from the report card. Analysis of the data used by the two predictor regression techniques. The results of calculations using multiple linear regression analysis demonstrated a statistically significant between emotional intelligence and need for achivement in academic achievement, as indicated by the value of F of 47.613 and Ry(1,2) sebesar 0,752 with p < 0.05. Effective contribution of emotional intelligence, need for achivement ,and academic achievement seen from the coefficient of determinant (R ²) of 0.566 or 56.6%, which means that 43.4% there are still other factors that affect academic achievement in addition to emotional intelligence, and need for achivement. Keywords : emotional intelligence, need for achivement , academic achievement.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi (EQ), motivasi berprestasi, dan prestasi belajar. emotional intelligence, need for achivement , academic achievement.
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 23 Jul 2013 12:57
    Last Modified: 23 Jul 2013 12:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8473

    Actions (login required)

    View Item