PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SENTONO KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011

YULININGSIH, (2011) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SENTONO KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1132Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yuliningsih. X7109123. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SENTONO KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2011. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SDN Sentono 1 Klaten tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN I Sentono Klaten tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sumber data yang digunakan penelitian ini adalah informasi data yaitu siswa dan guru kelas IV, dokumen, dan hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Sentono Klaten tahun ajaran 2010/2011. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan yang diperoleh dari nilai rata-rata hasil tes awal kondisi awal yaitu 57,25 dengan ketuntasan klasikal 45%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 66,25 dengan ketuntasan klasikal meningkat 70%. Tindakan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,65 dengan ketuntasan klasikal meningkat 90%. Ole karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IV SDN I Sentono Klaten tahun ajaran 2010/2011. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan. ABSTRACT Yuliningsih. X7109123. THE USE OF STAD TYPE OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TO IMPROVE THE FRACTIONAL NARRATIVE PROBLEM SOLVING COMPETENCY IN THE IV GRADERS OF SDN 1 SENTONO OF KLATEN REGENCY IN THE SCHOOL YEAR OF 2010/2011. Thesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, Surakarta, July 2011. The objective of research is to improve the fractional narrative problem solving competency using STAD learning model in the IV graders of SDN 1 Sentono of Klaten Regency in the school year of 2010/2011. This study belongs to a classroom action research (CAR). The subject of research was the IV graders of SDN 1 Sentono Klaten in the school year of 2010/2011 consisting of 20 students: 8 boys and 12 girls. The data source employed in this research was data information including students and the IV class teacher, document, and result of observation on the learning implementation of fractional narrative problem solving competency using STAD type of cooperative learning model. Techniques of collecting data used were test, observation, and documentation. In order to validate data, the author employed data source triangulation. Technique of analyzing data used was an interactive analysis model including three components: data reduction, data display, and conclusion drawing. The research process was implemented in two cycles. Each cycle consisted of four stages: (1) planning, (2) acting, (3) observing, and (4) reflecting. Considering the result of research, it can be found that the use of STAD type of cooperative learning model can improve the fractional narrative problem solving competency in the IV graders of SDN 1 Sentono of Klaten Regency in the school year of 2010/2011. It can be seen from the increase in the fractional narrative problem solving competency indicated by the mean value of pre-test in prior condition of 57.25 with classical passing of 45%. In cycle I, this figure increases to 66.25 with classical passing of 70%. In cycle II, this figure increases to 74.65 with classical passing of 90%. Therefore, it can be concluded that the use of STAD type of cooperative learning model can improve the fractional narrative problem solving competency in the IV graders of SDN 1 Sentono of Klaten Regency in the school year of 2010/2011. Keywords : STAD type of cooperative learning model, the fractional narrative problem solving competency.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan. STAD type of cooperative learning model, the fractional narrative problem solving competency.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 23 Jul 2013 10:06
    Last Modified: 23 Jul 2013 10:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8457

    Actions (login required)

    View Item