PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IVC SD NEGERI 03 JATEN, KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

HIDAYAT, IKHWAN (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IVC SD NEGERI 03 JATEN, KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Ikhwan Hidayat. NIM X7107036. Peningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Gambar Seri Pada Siswa Kelas IVC SD Negeri 03 Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2010/ 2011. Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVC SD Negeri 03 Jaten, Karanganyar melalui penggunaan media gambar seri Tahun Ajaran 2010/ 2011. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan menulis deskripsi siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media gambar seri. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas IVC SD Negeri 03 Jaten, Karanganyar yang berjumlah 42 anak. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa ada peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa setelah dilaksanakan tindakan kelas dengan pendekatan kontekstual. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya keterampilan menulis deskripsi siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Siklus I ada peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dari rata-rata 60,21 menjadi 69,02 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 35,71% menjadi 66,67%. Sedangkan di siklus II terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dari rata-rata siklus I yaitu 69,02 menjadi 74,26 dan dari pencapaian KKM 66,67% menjadi 80,95%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui penggunaan media gambar ser i dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas IVC SD Negeri 03 Jaten, Karanganyar tahun ajaran 2010/ 2011. ABSTRACT Ikhwan Hidayat. X7107036. THE IMPROVEMENT DESCRIPTION WRITING SKILL USE SERIAL PICTURE MEDIA ON STUDENT OF CLASS IVC ELEMENTARY SCHOOL 03 JATEN KARANGANYAR OF 2010/2011 ACADEMIC YEAR. Minithesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University of Surakarta. Mey 2011 The purpose of research is The Improvement Description Writing Skill Use Serial Picture Media on Student of Class IVC Elementary School 03 Jaten, Karanganyar of 2010/2011 Academic Year. The variable becoming a change goal in this research is improving description writing skill at student, meanwhile action variable that is utilized in this research is implemented by use of Picture Media In a Series. This research used a classroom action research method conducted 2 cycles. Each cycles consists of 4 phasses, namely: planning, implementation, observation, and reflection. Subject of the research is Student of Class IVC Elementary School 03 Jaten, Karanganyar municipality amounting to 42 students. Data is collected by using observation, test, and documentation techniques. Then, the data is analyzed by using an interactive analysis model consisting of three components, namely: data reduction, data presentation, and conclusion drawing or verification. The conclusion based from the result, that there is skill step up writes in description writing skill after doing action classroom research with contextual approach. It can be pointed out by improving description writing skill at student before and after doing action. In cycle I, there is skill step up writes in description writing skill from average grade was 60,21 became 69,02 and from classical completeness was 35,71% became 66,67%. While in cycle II it’s happen improving description writing skill at student from average grade in cycle I was 69,02 became 74,26 and from classical completeness was 66,67% became 80,95%. Therefore, it can be recommended in Description Writing Skill Use The Serial Picture Media Approach is able to improve learning writing skill Student of Class IVC Elementary School 03 Jaten, Karanganyar of 2010/2011 Academic Year.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 23 Jul 2013 09:54
    Last Modified: 23 Jul 2013 09:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8454

    Actions (login required)

    View Item