EVALUASI PENERAPAN STRATEGI BAURAN PRODUK PADA PT. KOSOEMA NANDA PUTRA PEDAN

HENDRIAR, TENNESA (2011) EVALUASI PENERAPAN STRATEGI BAURAN PRODUK PADA PT. KOSOEMA NANDA PUTRA PEDAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (302Kb)

    Abstract

    Praktek kerja lapangan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara PT. KOSOEMA NANDA PUTRA menerapkan strategi bauran produk yaitu menciptakan jenis konstruksi kain grey yang baru agar dapat meningkatkan permintaan kain grey. Metode pengumpulan yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang telah dikumpulkan oleh penulis melalui metode wawancara langsung maupun dengan cara mengumpulkan data-data melalui buku-buku serta referensi yang lainnya. Teknik pembahasan dengan analisis deskriptif yaitu membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai karakteristik masing-masing produk yang diteliti. PT. KOSOEMA NANDA PUTRA merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri tekstil khususnya kain jenis katun, rayon, lurik, dan selimut yang terletak di daerah Pedan, Klaten. Pada tahun 2007, produk yang dipasarkan oleh PT. KOSOEMA NANDA PUTRA hanya terdiri dari 14 jenis konstruksi saja yaitu: RS 3, RS 44, RS 87, RS 136, RS 133, RS 141, RS 89, RS 142, RS 153, KS 36, KS 42, RKD2, RS 154, RS 155. Setelah berjalan beberapa tahun akhirnya pada tahun 2008 PT. KOSOEMA NANDA PUTRA dapat meningkatkan jenis produk kain grey mereka yang awalnya hanya 14 jenis konstruksi menjadi 30 jenis kain konstruksi yang terdiri dari RS 118, RS 168, RS 149, RS 146, RS 145, KS 48, RS 163, KS 50, KS 49, KS 51, KS 47, RS 167, RS 159, RS 164, RS 1, RS 31. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan bertambahnya variasi produk pada PT. KOSOEMA NANDA PUTRA dapat meningkatkan volume permintaan pada kain grey terbukti dengan peningkatan volume permintaan yang meningkat dari tahun ke tahun. Adapun saran yang mungkin berguna bagi perusahaan antara lain sebaiknya PT. KOSOEMA NANDA PUTRA dapat membuat variasi produk yang baru agar tidak mengalami penurunan penjualan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 23 Jul 2013 05:42
    Last Modified: 23 Jul 2013 05:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8428

    Actions (login required)

    View Item