PEMBELAJARAN KIMIA MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN DAN INTERNET DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Materi Bahan-bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas VIII di MTs Sudirman Ngadirojo Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011)

PUSPITASARI, ANITA DWI (2011) PEMBELAJARAN KIMIA MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN DAN INTERNET DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Materi Bahan-bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas VIII di MTs Sudirman Ngadirojo Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1256Kb)

    Abstract

    ANITA DWI PUSPITASARI, S831002006, ”Pembelajaran Kimia Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Menggunakan Media Lingkungan dan Internet Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Aktivitas Belajar Siswa” (Studi kasus pada pokok bahasan Bahan-bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari pada kelas VIII di MTs Sudirman Ngadirojo Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011). Tesis, Surakarta: Program perpustakaan.uns.ac.id Sains Program Pascasarjana Universitas Sebelasdigilib.uns.ac.id Pembimbing I: Prof. Dr. H. Ashadi, Pembimbing II: Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan model CTL media lingkungan dan model CTL media Internet, (2) Perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan rendah, (3) Perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan rendah, (4) Interaksi antara penggunaan media dalam pembelajaran model CTL dan sikap ilmiah siswa terhadap prestasi belajar, (5) Interaksi antara penggunaan media dalam pembelajaran model CTL dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar, (6) Interaksi antara sikap ilmiah siswa dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar, (7) Interaksi antara penggunaan media dalam pembelajaran model CTL, sikap ilmiah, dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dilaksanakan mulai bulan November 2010 sampai dengan Maret 2011. Populasinya adalah siswa kelas VIII MTs Sudirman Ngadirojo, sampel diambil dengan sistem cluster random sampling, sebanyak 2 kelas. Kelas VIIIA menggunakan model CTL dengan media lingkungan dan kelas VIIIB menggunakan model CTL dengan media internet. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan metode tes, sedangkan sikap ilmiah siswa, aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar afektif menggunakan metode angket. Data dianalisis dengan Anova 2x2x2 dengan menggunakan software Minitab 16. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan model CTL media lingkungan dan model CTL media Internet, (2) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan rendah, (3) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan rendah, (4) Terdapat interaksi antara penggunaan media dalam pembelajaran model CTL dan sikap ilmiah siswa terhadap prestasi belajar, (5) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan media dalam pembelajaran model CTL dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar, (6)Tidak terdapat interaksi antara sikap ilmiah siswa dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar, (7) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan media dalam pembelajaran model CTL, sikap ilmiah, dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar,

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 23 Jul 2013 13:22
    Last Modified: 23 Jul 2013 13:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8426

    Actions (login required)

    View Item